Header Menu

Api Yang Membakar Kawah Putih dan Gunung Malabar Sudah Padam

GARUTSELATAN.INFO - Pada hari Kamis (10/10/2019) kemarin telah dilakukan Water Bombing atau pengeboman dengan air telah dilakukan di dua lokasi kebakaran hutan lahan (karhutla) Kawah Putih dan Gunung Malabar.

Gunung Malabar [foto : istimewa]

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jabar Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, penanganan dilakukan oleh heli water bombing yang dimiliki oleh BNPB dan dimulai pada pukul 10.30 WIB.

Sampai dengan pukul 13.49 WIB telah dilakukan pengeboman air sebanyak 25 kali. Airnya mengambil dari Sungai Cisangkui, Babakan Cianjur, Desa Sukamaju, Kecamatan Cimaung. 

"Hasil yang telah dicapai, dari 8 titik api yang berada di Gunung Malabar sudah 4 titik api yang berhasil dipadamkan," Ucap Truno, Jum'at (11/10/2019).
Baca Juga : Inilah Senjata Ala Ninja Yang Dipakai Untuk Menusuk Menko Polhukam Wiranto
Pemadaman dan pendinginan secara manual oleh Satgas Kawah Putih pun telah dilakukan. Satgas bersama dengan pemadam kebakaran telah menggunakan selang sepanjang 800 meter untuk memadamkan api dilokasi Kawasan Sunan Rama.

Kamis kemarin sampai pukul 16.00 WIB, turun hujan deras di lokasi Kawah Putih sehingga seluruh Satgas Karhutla Kawah Putih kembali ke posko, termasuk petugas pemadam kebakaran.

Pada pukul 16.30 WIB, diadakan Rapat Koordinasi dan Anev yang dipimpin oleh Kapolres Bandung AKBP Indra Hermawan yang dihadiri oleh ADM Perhutani Bandung Selatan Tedi, GM Tourism Jabar Banten Wismo, Asper Ciwidey Slamet, Kapolsek Ciwidey AKP Ivan Taufiq serta Danramil Ciwidey Kapt Inf Toto. 

"Pasca hujan turun sangat lebat, titik-titik api secara keseluruhan sudah tidak ada hanya saja tinggal kepulan asap yang masih membumbung di Sunan Rama menuju kawah saat sampai ke Cipanganten," katanya.

Pemadaman dilakukan dua alternatif yaitu menggunakan heli water bombing dan secara manual oleh Satgas.

regional.kompas.com

Related Search :
  • Api Yang Membakar Kawah Putih dan Gunung Malabar Sudah Padam.
  • Pemadaman dilakukan oleh Heli Water Bombing.
  • Pengeboman air dilakukan sebanyak 25 kali.
  • Gunung Malabar sudah 4 titik api yang berhasil dipadamkan.
  • Satgas bersama dengan pemadam kebakaran telah menggunakan selang sepanjang 800 meter untuk memadamkan api dilokasi Kawasan Sunan Rama.

Berita Menarik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel 3