Header Menu

Bagian SIM Polres Garut, Sudah Bisa Melayani Pemohon Smart SIM

GARUTSELATAN.INFO - Dalam upaya meningkatkan pelayanan dari institusi Polri terutama dalam hal pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM), sekarang sudah ada terobosan baru yang bisa dinikmati oleh pemohon SIM baik pembuatan baru ataupun perpanjangan.

Bintara Urusan SIM Satlantas Polres Garut Sedang Memperlihatkan Smart SIM Kepada Pemohon [foto : galamedianews.com]

Untuk Kabupaten Garut sendiri pelayanan tersebut belum begitu lama berjalan, Smart SIM itu sendiri merupakan SIM pintar yang didalamnya terdapat identitas pribadi pemilik SIM. Fasilitas lain yang terdapat dalam Smart SIM juga dapat dipakai untuk transaksi e-money seperti pembayaran listrik, e-toll dan pembayaran lainnya misal di minimarket.
Baca Juga : Pilkades Panggalih 2019, Inilah Hasil Penetapan dan Nomor Urut Calon!
"Namun untuk sementara saldo yang bisa dimasukan ke dalam Smart SIM maksimal Rp. 2 Juta," terang Bintara Urusan (Baur) SIM Satlantas Polres Garut, Aiptu Tata Setiawan, Kamis (17/10/2019). 

Ia memberikan penjelasan bahwa Smart SIM dapat dimiliki oleh pemohon baru ataupun perpanjangan dengan catatan sudah habis masa berlakunya. Sedangkan bagi pengguna SIM lama yang masih berlaku tetap saja dipakai sampai masa berlakunya habis baru nanti bisa memohon perpanjangan dengan SIM baru yaitu Smart SIM.

"Bagian SIM Polres Garut saat ini baru mendapat 4500 blangko Smart SIM baik bagi pemohon baru ataupun perpanjangan," ucap Tata.
Baca Juga : Rumah Sakit di Jawa Barat Mulai Kebanjiran Pasien Anak Pecandu HP
Dari Chip Smart SIM inilah dapat diketahui catatan/rekam jejak pelanggaran yang dilakukan atau merekam kecelakaan yang tentu saja melibatkan pemiliknya. Terdapat Chip Data yang tersambung dengan data Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil sehingga dapat dilakukan akses data.

Related Search :
  • Bagian SIM Polres Garut, Sudah Bisa Melayani Pemohon Smart SIM.
  • Smart SIM merupakan SIM pintar yang didalamnya terdapat identitas pribadi pemilik SIM.
  • Smart SIM juga dapat dipakai untuk transaksi e-money.
  • Bagian SIM Polres Garut saat ini baru mendapat 4500 blangko Smart SIM.

Berita Menarik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel 3