Header Menu

Miris! Seratus Hektar Lahan dan Hutan Terbakar di Wilayah Garut

GARUTSELATAN.INFO - Berdasarkan data BPBD Kabupaten Garut, kebakaran lahan yang terjadi sejak bulan Agustus 2019 sudah sekitar 100 hektare lahan di beberapa wilayah Garut.

Kebakaran Kemarin Salah Satu Gunung di Garut

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Tubagus Agus Sofyan mengatakan, kebakaran hutan dan lahan diantaranya terjadi di wilayah Kecamatan Mekarmukti, Pasirbajing, Gunung Masigit Cikajang, Hutan Sancang Cibalong, Gunung Gelap Cisompet, Gunung Bedil-Cibungaok Bungbulang, Gunung Putri Tarogong Kaler, Gunung Cikuray Cilawu, Gunung Nangkaruka Pakenjeng, Gunung Haruman,  Gunung Karacak, Gunung Guntur dan lainnya.

"Sejak bulan Agustus lalu, sekitar 100 hektare lahan yang telah terbakar dibeberapa wilayah Kabupaten Garut," ucapnya.

Tubagus menuturkan, petugas seringkali terkendala dalam melakukan pemadaman api mengingat saat ini masih musim kemarau sehingga sumber air sulit ditemukan. Selain itu, medan berupa bukit dan tebing juga membuat petugas kewalahan.
Baca Juga : Woow, Penemuan Ular Piton Raksasa Kekenyangan di Bengkalis
"Ketika api muncul di dataran tinggi dan tidak terdapat sumber air, petugas hanya bisa mengandalkan air yang dibawa dengan ransel dari bawah. Terkadang, petugas juga membuat sekat bakar agar api tidak menyebar lebih luas lagi," katanya.

Tubagus pun mengakui, pihaknya sudah menghimbau kepada masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar. Pasalnya, api itu sangat berpotensi menyebabkan kebakaran ke lahan lainnya.

Related Search :
  • Seratus Hektar Lahan dan Hutan Terbakar di Wilayah Garut.
  • BPBD telah menghimbau kepada masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar.

Berita Menarik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel 3