Header Menu

Sembilan Kantah Sukses Serahkan Hasil Pengadaan Lahan Pembangunan Prasarana Kereta Cepat

GARUTSELATAN.INFO - Proses pengadaan lahan pembangunan trase kereta cepat Indonesia, Jakarta Bandung mencapai titik akhir yang ditandai dengan dilakukannya serah terima hasil pengadaan lahan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Bandung Barat di Mason Pine Hotel, Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Kamis (3/10). Dengan ini 9 Kabupaten telah sukses menyerahkan hasil pengadaan lahan pembangunan kereta cepat sekaligus membuktikan konsistensi pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk menyelesaikan pengadaan lahan proyek kereta cepat sebelum akhir 2019.

Penyerahan Dokumen Hasil Pengadaan Tanah Pembangunan Trase dan Stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung [foto : elshinta Bandung 89.3 fm] 

Kabupaten Bandung Barat menyerahkan 1.028 bidang seluas 32,43 hektar dari 14 Desa di 4 Kecamatan di wilayah tersebut. Angka tersebut merupakan sebagian besar dari total target rencana pengadaan lahan 1.425 bidang seluas 51.61 hektar.

“Sisa tanah yang masih belum terselesaikan akan segera diselesaikan sesuai dengan prosedur yang ada,” ujar Hail Surisno selaku Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Bandung Barat.
Baca Juga : Sekretaris Desa Samuderajaya Caringin Garut Kabur ke Batam 
Dengan dilakukannya serah terima hasil lahan ini, pengadaan lahan untuk pembangunan proyek kereta cepat telah mencapai 99,03% dengan total jumlah areal seluas 6,2 juta m2. “Sisa 1 persennya, kami mohon kepada seluruh instansi terkait untuk membantu agar target dapat terselesaikan,” kata Direktur Utama PT PSBI, Natal Argawan saat menjelaskan progress pengadaan lahan.

Kepala Bidang Pengadaan Tanah Kanwil Jawa Barat, Adian Ratry juga menegaskan akan mengupayakan penyelesaian lahan sampai paling lambat akhir 2019 mendatang. “Mudah-mudahan akhir tahun ini bisa selesai pengadaannya supaya tahun 2021 bisa lancar beroperasi," tandas Adiana.
Baca Juga : Dalam Dua Hari, Pemprov Jabar Evakuasi Pemulangan Warga Jabar dari Wamena
Disisi lain, hingga akhir September 2019 lalu, progres pembangunan proyek kereta cepat Jakarta Bandung telah mencapai angka 34,895%. Di tanggal 30 September lalu, proses pembangunan berhasil mencapai titik baru dengan dilakukannya peletakan girder pertama dari struktur elevated proyek kereta cepat di casting yard terbesar kereta cepat di kawasan Cikarang Barat. Di saat yang hampir bersamaan, salah satu jembatan continuous beam di kawasan Buah Batu yang menyeberangi bagian atas tol Purbaleunyi, sukses tersambung.

“Ini merupakan pencapaian yang menggembirakan yang membuktikan konsistensi dari proses pembangunan kereta cepat,” ujar General Manager Land Acquisition PT KCIC, Riska Diah Purwanti.

elshinta Bandung 89.3 fm

Related Search : 
  • Proses pengadaan lahan pembangunan trase kereta cepat Indonesia, Jakarta Bandung
  • 9 Kabupaten telah sukses menyerahkan hasil pengadaan lahan Pembangunan Kereta Cepat
  • pengadaan lahan untuk pembangunan proyek kereta cepat telah mencapai 99,03% dengan total jumlah areal seluas 6,2 juta m2
  • Progres pembangunan proyek kereta cepat Jakarta Bandung telah mencapai angka 34,895%
  • Kabupaten Bandung Barat menyerahkan 1.028 bidang seluas 32,43 hektar.

Berita Menarik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel 3