Header Menu

Terjadi Lagi! Gunung Lawu Di Tutupi Awan Berbentuk Topi

GARUTSELATAN.INFO- Fenomena alam yang unik serta indah terjadi di Gunung Lawu. Sebuah awan bertopi tampak persis menyelimuti atas Gunung Lawu dan terlihat jelas dari sisi Magetan, Jawa Timur. Foto-foto fenomena itu pun beredar luas di media sosial.

Penomena Awan Lenticular atau Awan berbentuk Topi Gunung Lawu

"Memang kejadiannya tadi pagi. Sekitar pukul 05.00 wib sampai siang sekitar pukul 10.00 WIB," kata Kasie Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Magetan, Ferry Yoga Saputra, Kamis (3/10).

Ferry mengatakan fenomena alam itu sebenarnya merupakan hal yang biasa. Hal itu bisa terjadi karena penumpukan awan dan angin yang bertemu dari arah selatan dan utara. "Jadi awan menumpuk dan kebetulan di Gunung Lawu," jelas Ferry.

Menurutnya, fenomena tidak hanya terjadi di musim kemarau. Tapi juga bisa terjadi di musim penghujan. Dia mengaku kondisi seperti ini dipengaruhi oleh arah angin. "Tidak satu musim saja. Mau kemarau, mau penghujan bisa saja. Kondisi seperti ini dipengaruhi arah angin," tegasnya.
Baca Juga : Sekretaris Desa Samuderajaya Caringin Garut Kabur ke Batam
Dia menceritakan arah angin itu kemudian membuat awan berkumpul di salah satu titik, kemudian membentuk fenomena alam itu. Dari arah angin, membentuk pola seperti topi atau payung. Dan ini merupakan fenomena yang biasa.

Dia menjelaskan, awan membentuk topi itu kurang lebih terjadi sekitar 2 kali pada tahun 2019. Pertama, kemarin posisi waktu penghujan, musim peralihan.

"Ini tadi terjadi kembali. Nah nanti bisa lagi terjadi kembali," pungkasnya.

Related Search :

  • Gunung Lawu Di Tutupi Awan Berbentuk Topi
  • Fenomena alam yang unik serta indah terjadi di Gunung Lawu
  • awan membentuk topi itu kurang lebih terjadi sekitar 2 kali pada tahun 2019.

Berita Menarik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel 3