Header Menu

Hindari Kesalahan Input, Cermati Alur Pendaftaran CPNS 2019

GARUTSELATAN.INFO - CPNS, Untuk menghindari kesalahan input data sebaiknya cermati terlebih dahulu Alur Pendaftaran CPNS Tahun 2019 dengan baik agar proses pendaftaran bisa berjalan dengan lancar.


  • Tahap awal silahkan kunjungi https://sscasn.bkn.go.id, BKN menghimbau untuk membuat akun dan mendaftar sebaiknya menggunakan PC atau laptop, tidak disarankan menggunakan ponsel maupun tablet.
  • Buatlah akun SSCN 2019 dengan menyertakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK).
  • Setelah proses pembuatan akun selesai, silahkan log in ke akun baru tersebut menggunakan NIK maupun Password yang telah kalian daftarkan sebelumnya.
  • Kalian wajib mengunggah foto diri memegang KTP dan kartu informasi akun sekaligus melengkapi biodata pribadi.
  • Setelah biodata lengkap, silahkan pilih jenis formasi dan jabatan yang sesuai dengan pendidikan kalian dan pastikan datanya telah lengkap.
  • Selanjutnya, unggah dokumen lain yang diperlukan seperti ijazah, KK, KTP dan lain-lain.
  • Cetak kartu pendaftaran. Namun, sebelum benar-benar dicetak sebaiknya periksa kembali data-data yang anda masukan karena setelah proses Submit kalian tidak bisa melakukan proses perubahan kembali datanya. Proses perbaikan hanya dapat dilakukan selama dalam tahap simpan data.
  • Verifikasi proses pendaftaran kalian.
  • Tunggu proses pengumuman. 
Dalam keterangan tertulis oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengumumkan bahwa pelamar baru bisa mendaftar CPNS pada pukul 23.11 WIB.
"Calon pelamar silahkan akses informasi mengenai formasi masing-masing instansi yang akan diupdate setiap satu jam sekali. Sementara pendaftaran daring baru dapat dilakukan mulai pukul 23.11 WIB." ujar Plt Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN, Paryono.

Jika pelamar mengalami kendala atau masalah, silahkan buka kanal Frequently Asked Question (FAQ) yang umumnya menyediakan jawaban atas persoalan kendala pelamar.

Melalui portal SSCASN juga terdapat daftar formasi CPNS yang mencakup nama instansi, jabatan, lokasi, pendidikan, jumlah formasi dan jenis formasi. hal itu termuat pada kolom layanan informasi yang terletak di kanan atas halaman pertama portal.

"Proses pendaftaran dibuka hingga 24 November 2019, yang dilanjutkan dengan pengumuman hasil seleksi administrasi pada tanggal 16 Desember 2019."
Masa sanggah terhadap hasil seleksi administrasi dibuka tanggal 16-19 Desember dan kemudian dilanjutkan dengan pengumuman masa sanggah pada tanggal 26 Desember 2019. 

BKN telah mengingatkan pelamar bahwa yang dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) pada seleksi administrasi akan diberikan waktu sanggah selama tiga hari pasca pengumuman dan instansi diberikan waktu maksimal tujuh hari untuk menjawab sanggahan tersebut.

Perlu kami ingatkan kepada calon pelamar agar waspada terhadap oknum penipuan yang menyatakan bisa meloloskan CPNS tanpa mengikuti seleksi.

Berita Menarik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel 3