Header Menu

Kreativitas Pemuda Garsel, Mengolah Limbah Kayu Menjadi Kerajinan Tangan

GARUTSELATAN.INFO - Sekelompok pemuda di Jalan Raya Cijambe Rt 04 Rw 02, Desa Cijambe, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut menyulap limbah kayu menjadi sebuah bahan kerajinan tangan yang bernilai jual seperti lukisan siluet dan miniatur kendaraan.

Hasil Lukisan dan Miniatur [foto : net jabar] 

Kreativitas pemuda Garut Selatan ini patut diacungi jempol sebab sudah mampu mengolah limbah kayu menjadi sebuah kerajinan tangan yang bernilai jual tinggi. Bahkan hasil kerajinan tangan buatan sekelompok pemuda Garut Selatan tersebut sudah merambah keseluruh pelosok nusantara.

Sekelompok pemuda yang berada di Jalan Raya Cijambe Rt 04 Rw 02, Desa Cijambe, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut itu sudah merintis membuat kerajinan tangan dari limbah kayu sejak dua tahun lalu. Mereka menggeluti industri kreatif bernilai ekonomi tinggi dengan memanfaatkan limbah kayu yang sering kali dianggap sampah oleh banyak orang.

"Dengan kreativitas yang tinggi limbah kayu tersebut disulap menjadi kerajinan tangan seperti miniatur perahu, sepeda motor, dan lukisan siluet. Hasil lukisan siluet mereka sudah merambah beberapa daerah di nusantara, dalam sehari sedikitnya ada 20 lukisan siluet yang dipesan dari berbagai daerah."

Bahan baku yang digunakan berasal dari matrial kayu yang dimanfaatkan menjadi kerajinan tangan yang bernilai jual. Salah satu kayu yang bagus untuk dijadikan kerajinan tangan yaitu pohon nangka sebab bahannya keras dan tidak mudah dimakan rayap, ucap Riswan. 

"Sejumlah tokoh lokal dan nasional pernah membuat lukisan siluet berbahan kayu ini seperti Bapak Bupati dan Wakil Bupati Garut, Anggota DPR RI dan sejumlah Tokoh Nasional."


Mudah-mudahan dengan adanya kreativitas membuat kerajinan tangan oleh sekelompok pemuda Garut Selatan ini, dapat menjadi inspirasi bagi para pemuda lain khususnya di Garsel umumnya di Indonesia untuk lebih kreatif memanfaatkan atau menghasilkan ekonomi kreatif mandiri yang dapat meningkatkan kesejahteraan hidup.

Bagi anda yang mau datang ke tempat pengrajin miniatur tersebut bisa datang ke Jln.Raya cijambe RT 04/RW 02 Desa cijambe Kec.cikelet.

Keyword Search :

  • Kreativitas Pemuda Garsel, Mengolah Limbah Kayu Menjadi Kerajinan.
  • Sejumlah tokoh lokal dan nasional pernah membuat lukisan siluet berbahan kayu ini seperti Bapak Bupati dan Wakil Bupati Garut, Anggota DPR RI dan sejumlah Tokoh Nasional.

Berita Menarik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel 3