Iklan Header

Miris! Video Viral Longsor Akibat Pertambangan di Kalimantan Utara

Admin One
Editor: Garutselatan.info Jumat, 01 November 2019, 15:02 WIB Last Updated 2019-11-01T11:46:17Z
Baca Juga
GARUTSELATAN.INFO - Kaltara, Longsoran yang terjadi di Kabupaten Tana Tidung, Kalimantan Utara merupakan longsor aliran (flow slide) yang terjadi pada hari Selasa (29/10/2019).


Longsoran di Pertambangan Kalimantan Utara [foto : nusantara.rmol.id]

Video kejadian tersebut beredar luas dan menjadi viral lewat grup di aplikasi whatsapp dan media sosial lainnya. Dalam video viral berdurasi 0,57 detik terlihat tanah di lokasi tambang tiba-tiba bergerak mirip pencairan tanah atau likuifaksi tanah. Terdengar suara orang berteriak kaget melihat bencana tanah longsor itu.

Namun, menurut peneliti bidang Geoteknik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Adrin Tohari mengatakan longsoran ini berbeda dengsn likuifaksi yang terjadi di Palu. Perbedaannya terletak pada pemicu longsoran itu terjadi kalau di Palu akibat dari gempa, sedangkan disini akibat tambang, hujan atau ulah manusia.

"Perbedaan Likuifaksi yang terjadi di Palu yaitu dipicu oleh gempa sedangkan longsoran tambang dipicu oleh kejenuhan lapisan tanah oleh hujan atau karena salah pemotongan lereng. Nah, untuk kasus di Kaltara ini perlu dicek apakah kejadian longsoran itu setelah hujan atau tidak," ucap Adrin.

Lebih lanjut, setelah Adrin mengamati video tersebut tampak ada genangan air di kaki lereng. Ia mengatakan hal ini menjadi indikasi adanya aliran air yang keluar dari lereng. 
"Kondisi kejenuhan tanah di bagian dasar lereng tersebut menyebabkan kelongsoran berubah menjadi aliran (flow slide)," kata Adrin.

Adrin menjelaskan kondisi tanah yang sudah terisi air, sehingga kondisi pori-pori tanah sudah tidak mampu menampung air ke dalam porinya maka alhasil menimbulkan genangan dan terjadilah kejadian seperti pada rekaman video yang terjadi di Kalimantan utara itu.

Keyword Search :
  • Miris! Video Viral Longsor Akibat Pertambangan di Kalimantan Utara.
  • Kondisi kejenuhan tanah di bagian dasar lereng tersebut menyebabkan kelongsoran berubah menjadi aliran (flow slide).


Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+