Iklan Header

Gerhana Matahari Cincin 26 Desember 2019, Awas Efek Bahaya?

Admin One
Editor: Garutselatan.info Rabu, 25 Desember 2019, 10:55 WIB Last Updated 2019-12-25T23:23:00Z
Baca Juga
GARUTSELATAN.INFO - Fenomena alam akan terjadi di penghujung tahun 2019, Indonesia akan menjadi salah satu negara yang akan dilintasi fenomena Gerhana Matahari Cincin pada esok hari, Kamis (26/12/2019).



Pada saat Gerhana Matahari Cincin terjadi, bulan dan matahari tepat segaris. Pada saat itulah piringan bulan yang teramati dari bumi lebih kecil dari pada piringan matahari dan akan menutupi 97 persen cakram matahari pada saat berada dalam garis lurus atau sejajar.

"Gerhana Matahari Cincin akan sangat berbahaya jika kita melihat langsung dengan mata telanjang. Efek paling buruk akan menyebabkan kerusakan permanen pada retina mata hingga bisa mengalami kebutaan."
"Jadi, siapapun yang ingin menyaksikan Gerhana Matahari Cincin langsung wajib menggunakan kacamata khusus gerhana matahari untuk menghindari ancaman kebutaan."
Fenomena yang juga sering disebut sebagai "cincin api" atau "cincin cahaya" ini akan terlihat saat matahari terbit di Arab Saudi, kemudian di langit Qatar, Uni Emirat Arab (UEA) , Oman, India selatan, Sri Lanka, Indonesia, Singapura dan Malaysia.


Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+