Iklan

Taspen Pastikan PNS Akan Mendapat Rp 1 Miliar Saat Pensiun

Garut Selatan
Senin, 02 Maret 2020, 16:29 WIB Last Updated 2020-03-02T09:29:24Z
GARUTSELATAN.INFO - Pegawai Negeri Sipil (PNS) bisa mendapatkan uang Pensiun hingga Rp 1 miliar, wacana ini sempat di diskusikan oleh Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo dengan pengurus Korpri dan PT Taspen Persero.

Ilustrasi : Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Direktur Utama Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Taspen), Antonius N S Kosasih mengatakan bahwa wacana itu merupakan rencana reformasi program Pensiun bagi para Pegawai Negeri Sipil.

Menurut ia, komponen iuran PNS yang hanya berdasarkan gaji pokok kurang besar manfaatnya. Namun, pemerintah juga akan membantu bayar iuran. Sama seperti di BPJS, itu kan ada pekerja dan ada pemberi kerja.

"Manfaat yang diterima PNS akan meningkat sebab reformasi Pensiun dasarnya dari take home pay bukan hanya gaji pokok," kata Antonius di Gedung DPR.

Dia juga menambahkan dengan skema seperti itu sangat memungkinkan PNS bisa mendapat tunjangan Pensiun hingga Rp 1 miliar seperti yang diharapkan pemerintah.

"Jika seseorang bekerja cukup lama, kenaikan pangkatnya tinggi dan komponennya oke, bisa. Karena dari sisi investasi kami bagus tidak ragu sama sekali, rata-rata setahun 8-9 persen. Secara total Rp 1 miliar lebih," ucapnya.

"Hitungan investasi yang dilakukan Taspen sudah sangat hati-hati, secara khusus telah membuat hitungan sensitivitas atau asset liability matching. Dari metode itu, diketahui apakah dana yang dimiliki Taspen akan cukup untuk jangka panjang. Ia mencontohkan jika setiap satu PNS mendapat Rp 1 miliar," pungkasnya.
Komentar

Tampilkan

Terkini

Wisata Jabar

+