Iklan Header

7 Tahapan Mendapatkan Kartu Prakerja

Admin One
Editor: Garutselatan.info Minggu, 12 April 2020, 08:43 WIB Last Updated 2020-04-12T03:11:19Z
Baca Juga
GARUTSELATAN.INFO - Kabar gembira bagi warga masyarakat yang terkena PHK imbas Virus Corona (Covid-19), ingin meningkatkan kompetensi atau bagi para pencari kerja, Pemerintah mulai tanggal 11 April 2020 membuka pendaftaran bagi kalian yang ingin mendapatkan Kartu Prakerja melalui situs resmi prakerja.go.id.



Dilansir dari laman Kartu Prakerja, berikut 7 tahapan yang harus dilalui dalam Program Kartu Prakerja yaitu sebagai berikut : 

1. Untuk Pendaftaran silahkan Masuk ke situs prakerja.go.id dan buat akun di laman tersebut. 
  • Beberapa hal yang perlu disiapkan antara lain data diri, NIK, nomor ponsel, dan alamat email. Setelah selesai melakukan pendaftaran, lakukan verifikasi. 

2. Ikuti Seleksi
  • Setelah melakukan pendaftaran, peserta harus mengikuti tes terlebih dahulu dan lulus agar bisa mendapatkan Kartu Prakerja. Ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar di web Prakerja untuk bisa bergabung dalam gelombang pendaftaran dan tunggu hasil pengumumannya. 

3. Pilih pelatihan di Mitra Platform Digital Resmi dan bayar dengan Kartu Prakerja
  • Adapun platform yang bekerja sama yaitu Tokopedia, Skill Academy, Mau Belajar Apa, Bukapalak, Pintaria, Sekolahmu, dan Kemnaker Pijar. Ada berbagai bidang pelatihan yang bisa dipilih. Misalnya, di Tokopedia, ada bidang bahasa, kesenian, fashion, tata boga, fotografi, jasa, pengembangan diri, media, sertifikasi, olahraga dan kesehatan, dan lain-lain. Setelah selesai memilih pelatihan, ikuti instruksi di laman tersebut. 
  • Selanjutnya akan ada opsi untuk membayar. Pilih metode pembayaran "Kartu Prakerja" dan jika punya kode promo bisa dimasukkan. Ikuti prosesnya hingga berhasil melakukan pendaftaran. 

Baca Juga : Pendaftaran Kartu Prakerja Dibuka 11 April 2020

4. Ikuti Pelatihan, mengenai informasi tentang teknis waktu pelatihan belum diberitahukan lebih lanjut oleh Kemenko Perekonomian. 
  • Anda diharuskan menyelesaikan pelatihan online di platform yang telah dipilih. Setelah pelatihan selesai, sertifikat elektronik bisa didapatkan. 

5. Berikan ulasan dan rating terhadap pelatihan. 
  • Langkah ini wajib dilakukan agar dapat melanjutkan ke tahap berikutnya.

6. Insentif pasca pelatihan Rp 600 ribu/bulan selama 4 bulan akan didapatkan setelah menyelesaikan pelatihan. 

7. Insentif pasca survei kebekerjaan Isi 3 survei yang diberikan pasca pelatihan dan dapatkan insentif Rp 150 ribu untuk setiap survei. 

Demikian informasi 7 Tahapan Mendapatkan Kartu Prakerja yang harus dilalui dalam program Kartu Prakerja, jika dirasa artikel ini bermanfaat jangan lupa bagikan kepada kerabat, teman, keluarga dan lainnya.


Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+