Iklan Header

Ini Manfaat Kartu Pra Kerja

Admin One
Editor: Garutselatan.info Minggu, 12 April 2020, 10:02 WIB Last Updated 2020-04-12T03:04:49Z
Baca Juga
GARUTSELATAN.INFO - Kartu Prakerja adalah kartu yang diberikan kepada pencari kerja atau pekerja untuk mendapatkan layanan pelatihan vokasi (skilling dan re-skilling). 

Paket Kombo Prakerja di Skill Academy

Skilling bagi pencari kerja yang baru lulus sekolah atau lulus kuliah. Sedangkan re-skilling bagi pekerja yang ter-PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) atau berpotensi ter-PHK. Pembekalan diharapkan dapat memberikan keterampilan yang berbeda atau baru untuk alih profesi misal menjadi wirausaha.

Kartu Prakerja adalah bantuan biaya pelatihan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki atau meningkatkan keterampilannya. Program ini tak hanya bagi mereka yang sedang mencari pekerjaan, tetapi juga buruh, karyawan, dan pegawai, yang memenuhi syarat yang ditentukan. 

Syarat itu di antaranya: Warga negara Indonesia berusia 18 tahun ke atas Tidak sedang sekolah atau kuliah boleh mendaftar. Mereka yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) karena imbas wabah Virus Corona (Covid-19) juga bisa mendaftarkan diri. 

Rekomendasi Penting :


Apa saja manfaat yang bisa didapat peserta Program Kartu Prakerja?

Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan, Bambang Satrio Lelono menjelaskan, mereka yang bisa mendaftarkan diri antara lain: Korban PHK Pekerja yang dirumahkan, Tidak menerima upah/gaji penuh, Pekerja harian yang terdampak usahanya, Pendaftar tidak harus pengangguran. Lulusan universitas unggulan dan sudah bekerja tetap juga bisa mendapatkan manfaat Kartu Prakerja.

Dilansir dari laman Kementerian Ketenagakerjaan, peserta Kartu Prakerja akan mendapatkan pelatihan dan insentif. 
  • Insentif bantuan pelatihan totalnya Rp 3.550.000. Adapun rinciannya meliputi: 
  • Biaya bantuan pelatihan: Rp 1.000.000 
  • Insentif penuntasan pelatihan: Rp 600.000 per bulan selama 4 bulan 
  • Insentif survei kebekerjaan: Rp 150.000. 

Dana tersebut akan ditransfer secara bertahap selama 3-4 bulan ke dompet digital atau e-wallet peserta program. Dilansir laman FAQ Tokopedia soal prakerja, bantuan diberikan secara non-tunai. Selain itu, setiap orang hanya berhak mendapatkan bantuan sekali saja. Meskipun demikian, bantuan tersebut bisa digunakan untuk mengikuti beberapa kali pelatihan dengan catatan Kartu Prakerja tidak bisa dipindahtangankan kepada orang lain.


Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+