-->

Iklan

Kapolres Garut Meminta Masyarakat Tak Sebarkan Identitas Pasien Covid-19

Garut Selatan
Rabu, 01 April 2020, 07:14 WIB Last Updated 2020-04-01T00:28:57Z
GARUTSELATAN.INFO - Terkait Satu Pasien dalam Pengawasan (PDP) yang diisolasi di RSUD dr Slamet Garut Positif Corona (Covid-19) pertama di Kabupaten Garut. Kapolres Garut AKBP Dede Yudi Ferdiansyah SIK MIK meminta masyarakat tak menghakimi dengan stigma negatif. Sebab, hal itu dinilai semakin membebani psikologis mereka.

Kapolres Garut AKBP Dede Yudi Ferdiansyah SIK MIK

“Kepada seluruh warga di luar jangan menghakimi pasien yang positif Covid-19 dengan berbagai stigma negatif, karena pasien akan menjadi korban dua kali,” kata Kapolres Garut usai menggelar rapat tertutup bersama Forkopimda, Selasa (31/03/2020).

AKBP Dede Yudi Ferdiansyah mengungkapkan, pihak kepolisian pun mengingatkan kepada seluruh masyarakat Garut agar tak sembarangan menyebarkan identitas pasien positif Corona (Covid-19) ke ruang publik. Polisi bahkan akan mempidanakan, bisa diancam hukuman penjara setiap orang yang melakukan hal tersebut.

“Persoalan membuka identitas seseorang pada ruang publik yang tidak berdasarkan izin dari yang bersangkutan, tentunya ini berpotensi melanggar hukum. Oleh karenanya, perundang-undangan sudah mengatur tentang ini semua,” ujarnya.

Rekomendasi :


Hal itu sudah diatur dalam UU Nomor 44 Tahun 2019 tentang Rumah Sakit dan UU Nomor 12 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Dalam UU itu sudah jelas, setiap orang yang menyebarkan informasi soal data pasien bisa dipenjara 2 tahun dan denda Rp 10 juta, lanjut Kapolres. 

Penyebaran informasi data seseorang juga, kata Dede, diatur dalam UU ITE bahkan ancamannya lebih berat yakni 4 tahun penjara atau denda Rp 750 juta. 

“Dengan demikian kami meminta agar identitas pasien positif virus corona atau Covid-19 tidak dipublikasikan secara sembarangan. Sama esensinya, bahwa orang tidak boleh sembarangan membeberkan data pribadi ke publik tanpa izin,” pungkas Kapolres Garut.
Komentar

Tampilkan

Terkini

Wisata Jabar

+