Iklan Header

Jokowi: Inilah 55 Produk Alat Tes Kesehatan Covid-19 Hasil Karya Anak Bangsa

Admin One
Editor: Garutselatan.info Sabtu, 23 Mei 2020, 05:54 WIB Last Updated 2020-05-22T22:57:32Z
Baca Juga
GARUTSELATAN.INFO - Sebanyak 55 produk alat tes kesehatan hasil riset dan inovasi anak bangsa resmi diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Diharapkan dengan produk-produk tersebut dapat mempercepat penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia, Rabu (20/5/2020). 

Presiden Joko Widodo Saat Melihat Produk Alat Kesehatan Covid-19 Hasil Karya Anak Bangsa

Dari 55 alat tes kesehatan tersebut, terdapat sembilan produk unggulan yang beberapa di antaranya telah melalui uji klinis dan telah siap diproduksi secara massal. Melalui video yang diunggah Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden pada 20 Mei 2020, Presiden Jokowi memperlihatkan sejumlah produk riset tersebut yang dipresentasikan di Istana Merdeka, Jakarta. 

“Ini ventilator buatan dalam negeri yang sudah diproduksi. Ini bisa diproduksi kurang lebih 200. Kemudian ini yang kedua, ini juga sama (ventilator), sudah bisa diproduksi sampai 200 juga,” ujar Presiden memperlihatkan produk emergency ventilator. 

Sebanyak tiga produk ventilator diperlihatkan oleh Presiden dalam video tersebut. Dua di antaranya dikembangkan oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bekerja sama dengan (masing-masing) PT Len Industri dan PT Dharma Polimetal yang sudah siap diproduksi. Sementara satu ventilator lainnya merupakan hasil pengembangan dari Institut Teknologi Bandung (ITB) yang telah melalui uji klinis dan siap diproduksi sebanyak 1.000 unit. 

Rekomendasi Penting :


Selain ventilator, ada pula RT-PCR test kit yang sudah dapat diproduksi sebanyak 100.000 unit dan dikembangkan oleh PT Bio Farma serta alat uji cepat (rapid test) yang merupakan pengembangan dari PT Hepatika Mataram, BPPT, Universitas Airlangga, serta Universitas Gadjah Mada yang juga siap diproduksi sebanyak 1.000 unit. 

“Saya rasa ini menjadi sebuah kebanggaan kita karena bisa membuat dan memproduksi sendiri di dalam negeri dan kalau memang nanti sudah mencukupi justru bisa kita ekspor ke negara lain, malah tidak usah impor” kata Presiden. 

Presiden Jokowi, telah meresmikan peluncuran produk-produk riset, teknologi, dan inovasi untuk percepatan penanganan Covid-19 yang merupakan hasil karya anak bangsa, pada Rabu (20/5/2020). Peluncuran bertajuk “Kebangkitan Inovasi Indonesia” yang dilakukan secara virtual tersebut bertepatan dengan momentum Hari Kebangkitan Nasional yang turut menandai kebangkitan bidang sains dan teknologi nasional, utamanya di bidang kesehatan. 

Presiden mengharapkan karya-karya dan riset yang dilakukan tak berhenti di laboratorium dan hanya berhenti sebagai purwarupa saja. Melainkan riset-riset tersebut harus berbuah dan mampu berlanjut hingga tahap produksi massal untuk memenuhi kebutuhan domestik dan bahkan diekspor ke mancanegara.

Sumber : setkab.go.id 


Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+