-->

Iklan

Video! Es Antartika Mencair Lebih Cepat Dari Perkiraan

Garut Selatan
Rabu, 03 Juni 2020, 12:10 WIB Last Updated 2020-06-03T06:22:09Z
GARUTSELATAN.INFO - Peneliti Di buat panik Pasalnya panas dari daratan di bawah lapisan es Antartika merupakan hal utama yang membuat gletser mencair dan mengalir.


Dampaknya terhadap kenaikan permukaan laut sangat potensial, karena kondisi yang lebih panas memungkinkan air lelehan untuk melumasi dasar gletser, mempercepat pergerakannya dan tingkat kehilangan es.

Video : Astagfirullah! Es Antartika Mencair Lebih Cepat Dari Perkiraan 

Sebelumnya para ilmuwan berasumsi nilai tetap untuk jumlah panas yang dihasilkan oleh kerak bumi di Antartika, seolah-olah batuan dasar itu seragam padahal sebenarnya sangat bervariasi. Karena itu logistik mengakses batuan dasar melalui es hingga beberapa kilometer.

Menurut Raimondo, temuan menunjukkan bahwa ada variabilitas signifikan dalam panas yang dihasilkan oleh batuan dasar di Australia selatan yang sebelumnya bergabung dengan Antartika.

"Karena Antartika Timur dan Australia selatan pernah menjadi bagian dari daratan yang sama, hampir seperti dua keping puzzle yang sama, kami dapat memperkirakan data dari garis pantai Australia ke garis pantai yang cocok di Antartika dengan tingkat kepercayaan yang tinggi," tutur Raimondo.

Baca Juga : 22 Wisata Pantai Terpopuler dan Mempesona di Garut Selatan

Penelitian tersebut menyediakan model yang lebih kuat untuk aliran panas di Antartika Timur. Hasilnya menunjukkan bahwa ilmuwan meremehkan jumlah panas yang dihasilkan dari radiasi yang terjadi secara alami di bebatuan di bawah Antartika Timur.

"Artinya bahwa area luas berpotensi lebih rentan terhadap pergerakan lapisan es dan percepatan pencairan daripada yang kita duga sebelumnya," lanjut Raimondo.

Batuan di bawah lapisan es menghasilkan panas karena mengandung sejumlah kecil unsur uranium, thorium, dan kalium, yang mengalami peluruhan radioaktif alami untuk melepaskan panas. Meskipun belum dimungkinkan mendapatkan sampel inti batuan dasar di Antartika, gletser itu melayani tujuan yang berguna dalam mengekspos batuan di pangkalan mereka.
Komentar

Tampilkan

Terkini

Wisata Jabar

+