Iklan Header

Rekrutmen Calon Peserta Pendidikan Guru Penggerak Kemendikbud Tahun 2020

Admin One
Editor: Garutselatan.info Kamis, 09 Juli 2020, 03:18 WIB Last Updated 2020-07-08T20:18:39Z
Baca Juga
Dalam rangka menindaklanjuti peluncuran kebijakan Merdeka Belajar Episode kelima: Guru Penggerak, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan melaksanakan program Pendidikan Guru Penggerak (PGP).

Rekrutmen Calon Peserta Pendidikan Guru Penggerak Kemendikbud

Tujuannya untuk menghasilkan Guru Penggerak yang berperan menggerakkan komunitas belajar bagi guru di sekolah dan di wilayahnya serta menumbuhkan kepemimpinan murid untuk mewujudkan profil Pelajar Pancasila. 

Program PGP ini pada tahap pertama akan dilaksanakan di 56 Kabupaten pada 24 Provinsi. Pelaksanaan PGP tahap pertama akan dimulai pada bulan Oktober 2020 selama 9 (sembilan) bulan dengan menggunakan pola belajar mandiri terbimbing melalui sistem belajar daring yang telah disiapkan dengan dipandu oleh instruktur dan fasilitator serta oleh pendamping selama proses pendidikan berlangsung.

Sehubungan dengan rekrutmen calon peserta PGP tahap pertama tahun 2020, dengan hormat kami informasikan beberapa hal terkait sebagai berikut:

1. Sasaran calon Guru Penggerak tahap pertama sejumlah 2.800 orang pada jenjang TK, SD, SMP, dan SMA. Bagi guru dari jenjang lain akan dibuka pada tahun berikutnya;
2. Guru tetap menjalankan tugas mengajarnya di sekolah masing-masing selama mengikuti Program PGP;
3.  Proses rekrutmen calon Guru Penggerak akan dilakukan melalui 2 (dua) tahap seleksi yaitu :
  • tahap 1 : registrasi, pengisian biodata, esai, studi kasus pembelajaran, dan tes bakat skolastik;
  • tahap 2 : simulasi mengajar dan wawancara.

4. Tim rekrutmen calon Guru Penggerak adalah Tim Independen yang telah dibekali dengan pelatihan dan dinyatakan lulus sebagai Asesor dengan mengutamakan prinsip transparan, akuntable, dan berkualitas;
5.  Informasi proses rekrutmen calon peserta Pendidikan Guru Penggerak dapat dilihat pada Lampiran 2 dan panduan proses seleksi ada pada Lampiran Lampiran 3.

Rekomendasi Penting :



Selanjutnya kami mohon Saudara bersama dengan Tim PGP Tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota untuk menyampaikan informasi ini kepada para guru-guru terbaik di wilayah Saudara untuk mengikuti proses rekrutmen dan seleksi calon peserta Pendidikan Guru Penggerak dengan mengisi formulir pendaftaran yang tersedia pada laman sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/gurupenggerak. Untuk informasi lebih lanjut, kami siapkan dan layani melalui guru.penggerak@kemendikbud.go.id.

Demikian Informasi tentang Rekrutmen Calon Peserta Pendidikan Guru Penggerak Kemendikbud Tahun 2020, anda tertarik dan berminat silahkan mengisi formulir pendaftaran melalui link tautan diatas.


Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+