Iklan Header

Puluhan Ribu Warga Garut Bagian Selatan Terancam Jika Tsunami Besar Datang

Admin One
Editor: Garutselatan.info Selasa, 29 September 2020, 17:15 WIB Last Updated 2020-09-30T02:00:04Z
Baca Juga

Setidaknya ada tujuh kecamatan di selatan Kabupaten Garut yang bisa terdampak potensi tsunami 20 meter. Dari tujuh kecamatan itu tinggal 25 ribu jiwa. Hal tersebut dikatakan oleh Bupati Garut Rudy Gunawan.


Pantai di Wilayah Selatan Garut 


Lebih lanjut ia mengatakan, ada sekitar 5 ribu rumah yang ketinggiannya tak sampai 20 meter di atas permukaan laut (mdpl) di pesisir pantai selatan Garut.


"Yang agak berbahaya itu di Pameungpeuk, Cibalong, Cikelet dan Rancabuaya (Caringin). Ada sekitar 25 ribu orang yang rumahnya itu di bawah 20 meter," ungkap Rudy Gunawan, Senin (28/9/2020).


Pihaknya pun akan melakukan simulasi mitigasi bencana di wilayah selatan Garut. Rudy mengaku alat yang dimiliki pihaknya sangat terbatas. Apalagi sejumlah alat pendeteksi tsunami dalam kondisi rusak.


"Sekarang kami siapkan untuk jalur evakuasi. Sudah ada jalur evakuasi ke suatu daerah di atas ketinggian 40 sampai 50 mdpl," katanya.


Dengan waktu evakuasi yang sangat terbatas, Rudy mengatakan minimal bisa mengurangi jumlah korban jika bencana melanda. Warga pun diimbau untuk menyelamatkan diri secepat mungkin ke lokasi evakuasi.


Rekomendasi Penting :


"Jangan perhatikan harta benda saat terjadi bencana. Harus lari ke atas secepatnya," ucapnya.


Dari tujuh early warning system (EWS) yang ada, hanya dua yang masih berfungsi. Saat ini, tiga EWS tengah diperbaiki sehingga total ada lima yang akan berfungsi.


Kabupaten Garut memiliki panjang pantai 80 kilometer yang berada di tujuh kecamatan. Rudy mengatakan akan melakukan mitigasi dari sisi fisik. Terutama jalur evakuasi saat terjadi bencana.


BPBD Garut pun saat ini tengah membuat peta kontijensi, mitigasi, dan emergensi untuk melakukan proses evakuasi. Lebih lanjut Rudy menambahkan, tak mau panik dengan potensi bencana itu. Namun, upaya kewaspadaan tetap perlu dilakukan.


Sumber : jabar.tribunnews.com



Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+