Header Menu

Cek Status Akreditasi Perguruan Tinggi dan Program Studi di BAN PT

GARUTSELATAN.INFO - Cara mudah cek status akreditasi Perguruan Tinggi dan Program Studi di Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) bagi mahasiswa lulusan yang ingin mengetahui lebih jelas tentang akreditasi kampusnya masing-masing tanpa ribet harus jauh-jauh datang ke kampus tersebut.


Salah satu kendala lain yang dialami oleh para alumni Perguruan Tinggi selain jarak yang jauh untuk datang ke kampus karena mempunyai kesibukan yang sangat padat. Namun sekarang dengan adanya teknologi informasi kita bisa mengetahui jelas status akreditasi kampus kita tanpa harus datang, cukup memiliki handphone atau laptop serta komputer yang memiliki jaringan internet stanby dari rumah kita sudah bisa mengetahui dengan jelas status akreditasi kampus kita masing-masing.

Akreditasi merupakan kegiatan penilaian teknis ataupun akademik pada suatu lembaga tertentu (penyelenggara pendidikan) untuk tujuan menghasilkan lulusan dengan spesifikasi kompetensi yang relevan dan sesuai aturan yang telah ditetapkan. 

Ada istilah lain juga mengatakan, bahwa akreditasi itu merupakan suatu gambaran nyata kondisi kampus/universitas atau potret kampus berdasarkan program kerja. Sejak tahun 2018 lalu dan sampai dengan sekarang untuk pendaftaran cpns diwajibkan untuk mengisi/melengkapi form akreditasi kampus di sscn bkn tersebut agar dapat melanjutkan pada proses selanjutnya.

Berikut cara mudah cek status akreditasi pada website BAN PT yang dapat dilihat secara online melalui jaringan internet. Cara cek status Akreditasi Perguruan Tinggi dan Program Studi di situs BAN-PT :
  • Buka browser internet dan masukan alamat https://www.banpt.or.id. Sekedar saran saja, gunakanlah komputer/laptop;
  • Pilih menu " Akreditasi " ? " Institusi (terkini) " ? " Isi nama kampus/ ketik nama kampus di menu Perguruan Tinggi ". Maka akan terlihat peringkat akreditasi , no sk, tahun sk, wilayah, tanggal kadaluarsa akreditasi dan keterangan masa berlakunya akreditasi (Status Akreditasi). Pada menu perguruan tinggi, saat mengisi nama kampus/universitas, coba dengan nama singkat / nama panjang, jika masih saja tidak ditemukan maka hubungi kampus anda untuk mengetahui penjelasan tentang informasi status akreditasi perguruan tinggi tersebut.


Untuk cek Akreditasi Program Studi (Prodi) juga tidak jauh berbeda tinggal :

  • Buka alamat https://www.banpt.or.id/ ,kemudian langsung saja tekan tombol Enter pada keyboar laptop anda.
  • Berikutnya, Pada saat laman BAN PT telah terbuka maka Pilih " Akreditasi " Akreditasi " ? " Program Studi (terkini) " ? " Ketik nama Perguruan Tinggi dengan nama panjang/nama singkat ". Jika sudah, klik tanda (+) yang berwarna hijau, maka akan terlihat status berlakunya masa akreditasi program studi tersebut.


Demikian cara mudah cek status akreditasi Perguruan Tinggi dan Program Studi di Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), semoga bisa bermanfaat dan menjadi solusi bagi yang ingin melamar CPNS Tahun 2019.

Berita Menarik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel 3