-->

Iklan

Suplemen Belajar dari Rumah Bersama Orangtua Untuk SMP

Garut Selatan
Rabu, 15 Juli 2020, 11:28 WIB Last Updated 2020-07-15T04:32:33Z
Situasi pandemi corona virus deseas (covid-19) yang terjadi di seluruh penjuru dunia telah mempengaruhi penutupan sekolah hingga akhirnya mengharuskan pemerintah untuk mengeluarkan kebijakan “jaga jarak” (social distancing). 


Hal ini menyebabkan kegiatan pembelajaran tidak bisa berjalan normal seperti biasanya. Belajar dari rumah (learning from home - LFH) bagi siswa dan mengajar/bekerja dari rumah (work from home - WFH) bagi guru untuk semua jenjang pendidikan.

Learning from home atau secara konseptual adalah pembelajaran jarak jauh ini termasuk baru untuk jenjang SMP, sehingga berimplikasi pada proses pelaksanaannya. Guru tidak sendiri lagi mengelola pembelajaran seperti di sekolah, demikian juga orangtua tidak lagi dapat menyerahkan seluruh aktivitas belajar anak kepada guru, namun orangtua dan guru bekerja sama untuk mendampingi siswa dalam kegiatan belajarnya.

Tujuan Suplemen :

  • Melaksanakan pendampingan belajar dari rumah (BDR).
  • Mendorong kolaborasi orangtua, guru/Tutor Paket B, siswa untuk bersama belajar dalam menghadapi situasi darurat akibat wabah virus corona.
  • Memberikan solusi bagi orangtua dalam melaksanakan belajar dari rumah baik daring maupun luring.
  • Memastikan siswa mendapatkan pengalaman belajar yang bermakna, menantang dan sesuai dengan kemampuan serta kebutuhannya.


Manfaat Suplemen :

  • Membantu efektivitas komunikasi orangtua/keluarga dan guru/tutor Paket B.
  • Membantu orangtua/keluarga memahami pelaksanaan kegiatan belajar anak di rumah.
  • Membantu orangtua/keluarga membangun kedekatan dengan anak.

Rekomendasi Penting :


Ruang Lingkup Kegiatan belajar di rumah dilakukan dengan pendampingan dan arahan dari setiap orangtua/keluarga peserta didik baik afektif, kognitif dan psikomotor. Belajar dari rumah karus memberikan pengalaman yang bermakna bagi setiap peserta didik tanpa merasa terbebani serta menjaga kesehatan anak di rumah.

Hakekat Pendampingan Kegiatan Belajar Siswa Di Rumah :

  • Kegiatan belajar dari rumah merupakan bentuk pelaksanaan kegiatan belajar untuk siswa selama kebijakan pandemi covid-19. Hal ini diputuskan karena kebijakan sosial dan physical distancing serta tidak memungkinkan adanya pembelajaran di sekolah dan berkumpulnya siswa.
  • Kegiatan belajar di rumah tetap melaksanakan proses pembelajaran melalui arahan dari guru merupakan bentuk dari pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran jarak jauh (PJJ) merupakan metode pembelajaran mandiri yang sistematis meliputi interaksi dengan siswa, penyajian materi pembelajaran, dan monitoring pembelajaran dilakukan oleh guru yang berada pada waktu dan tempat yang berbeda.
  • Kegiatan belajar di rumah, dibutuhkan pendampingan dari orangtua/wali pada saat anak melakukan aktivitas.


Hal-hal yang harus dilakukan oleh orangtua/keluarga peserta didik dalam pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh :

1. Menyepakati cara berkomunikasi dengan pihak sekolah;
2. Mendiskusikan rencana pembelajaran yang inklusif Bersama guru;
3. Menyiapkan perangkat pembelajaran;
4. Memastikan peserta didik siap mengikuti pembelajaran;
5. Menyiapkan waktu untuk mendukung proses pembelajaran dari rumah;
6. Mendorong peserta didik agar aktif selama proses pembelajaran;
7. Memastikan peserta didik mengisi lembar aktivitas sebagai bahan pemantauan belajar harian;
8. Mengumpulkan lembar aktivitas dan penugasan setiap hari;
9. Secara aktif berdiskusi dengan guru terkait tantangan dan kendala yang dihadapi selama proses pembelajaran dari rumah;
10. Memastikan tempat dan fasilitas belajar nyaman.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang Suplemen Belajar dari Rumah Bersama Orangtua Untuk SMP Silahkan Unduh Disini!

Komentar

Tampilkan

Terkini

Wisata Jabar

+