Iklan Header

Rekrutmen Guru ASN PPPK Bisa Jadi Perlindungan dan Kesejahteraan Guru Honorer

Admin One
Editor: Garutselatan.info Jumat, 19 Februari 2021, 16:43 WIB Last Updated 2021-02-19T09:50:05Z
Baca Juga

Tahun ini, Pemerintah telah membuka rekrutmen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Kuota mencapai satu juta guru. Dengan menjadi PPPK, guru honorer akan mendapatkan perlindungan kerja dan peningkatan kesejahteraan.


Rekrutmen ASN dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2021 akan segera dibuka beberapa bulan mendatang. Rencana penetapan rincian formasi beserta nama instansi akan diumumkan pada Maret. 

Sementara rencana pembukaan proses pendaftaran penerimaan CPNS 2021 pada April-Mei dan akan mulai seleksi pada Juni.

Secara total, pada 2021 pemerintah telah menentukan kebutuhan ASN sejumlah sekitar 1,3 juta terbagi dari berbagai formasi.

Seleksi PPPK ini merupakan upaya pemerintah untuk menyelesaikan masalah kekurangan guru, dan kesejahteraan guru honorer, termasuk perlindungan kerja guru di berbagai daerah.

Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Iwan Syahril mengatakan bahwa PPPK dan PNS statusnya sama-sama aparatur sipil negara (ASN) berdasarkan amanat Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 dan Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018.

Selain itu, pada manajemen PPPK, terdapat pasal pemutusan hubungan perjanjian kerja yang sudah diatur, dan ada prosedurnya sehingga bisa memberikan perlindungan kerja kepada guru.

Gaji dan tunjangan PPPK setara ASN. Sesuai dengan PP 98/2020 tentang Gaji dan Tunjangan PPPK Pasal 4 (1): PPPK yang diangkat untuk melaksanakan tugas jabatan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 ayat (1) diberikan tunjangan sesuai dengan tunjangan Pegawai Negeri Sipil pada Instansi Pemerintah tempat PPPK bekerja.

PP 98/2020 tentang Gaji dan Tunjangan PPPK


Mekanisme PPPK, Memberikan Perlindungan dan Tingkatkan Kesejahteraan Guru Honorer.

Mekanisme rekrutmen guru honorer dengan program sampai 1 juta PPPK akan memberikan perlindungan dan kesejahteraan kepada guru


Demikian informasi tentang Rekrutmen Guru ASN PPPK Bisa Jadi Perlindungan dan Kesejahteraan Guru Honorer, semoga bermanfaat.




Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+