Iklan Header

Cara Dapatkan Sertifikat Vaksinasi Covid-19

Admin One
Editor: Garutselatan.info Sabtu, 19 Juni 2021, 07:39 WIB Last Updated 2023-05-31T02:58:00Z
Baca Juga

Cara Dapatkan Sertifikat Vaksinasi Covid-19 - Perlu diketahui  Sertifikat vaksinasi Covid-19 hanya didapatkan jika telah  mengikuti program vaksinasi Covid-19. Vaksinasi yang genjar dilakukan belakangan, dilakukan untuk membantu terciptanya herd imunity pada lingkungan masyarakat Indonesia, untuk meredam lajunya jumlah penularan Covid-19.





Bukan hanya sekadar sertifikat, ada pun fungsi sertifikat vaksinasi Covid-19 sebagai tanda dan informasi bahwa seseorang yang mengikuti vaksin gelombang pertama dan melanjutkan informasi vaksin untuk gelombang keduanya. Pada sertifikat vaksin terdapat informasi pribadi juga informasi jenis vaksin yang digunakan.


Jika sudah pernah mengikuti vaksinasi, maka bisa mengambil  sertifikat vaksinasi Covid-19 melalui proses daring dengan aplikasi PeduliLindungi. Aplikasi terpadu ini khusus membahas Covid-19, dikembangkan untuk membantu instansi pemerintah dalam melakukan pelacakan untuk menghentikan penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19).


Ada pun beberapa tahapan yang bisa dilakaukan untuk mendapatkan sertifikat Covid-19 dengan akses aplikasi PeduliLindungi.


  • Unduhlah Aplikasi PeduliLindungi melalui Playstore dan Ios.
  • Jika belum pernah mengakses aplikasi ini, diajurkan utuk membuat akun baru, dengan mengisi Nama Lengkap dan Nomor Handphone
  • Tunggulah satu menit proses verikasi ke nomor handphone yang ditautkan. Setelah itu masukkan kode OTP yang masuk via SMS ke dalam kolom aplikasi verifikasi PeduliLindungi.
  • Proses pengecekan sertifikat vaksinasi, lakukan klik Menu 'Profil' di bagian kanan kolom.
  • Klik menu “Cari zonasi”. Pada menu profil,  terlihat Menu “Sertifikat vaksin” kliklah menu tersebut.
  • Dilanjutkan dengan Menu “Periksa”, sesuai dengan perintah yang ada di dalam aplikasi, Isi NIK dan nomor handphone yang didaftarkan untuk vaksinasi. Aplikasi akan menampilkan sertifikat untuk penyuntikan pertama dan kedua.
  • Sertifikat dapat disimpan, lakukan persetujuan untuk menyimpan gambar, klik 'Ya' File digital sertifikat vaksinasi akan diunduh dan tersimpan di smartphone


Bisa Juga Melalui laman website resmi pedulilindungi.id guna cek sertifikat digital, caranya sebagai berikut


  • Buka website https://pedulilindungi.id/ 
  • Klik “Lihat Tiket & Sertifikat Vaksinasi”
  • Masuk dengan nomor handphone yang telah didaftarkan.
  • Tunggulah kode OTP dari website masuk via SMS, setelah masuk pindahkan kode OTP ke website.
  • Jika berhasil, klik menu “Sertifikat Vaksin”.

Selain melalui Aplikasi PeduliLindungi, peserta yang mengikuti vaksinasi juga akan disertakan pesan singkat via SMS dari 1199. Bunyinya sendiri pada umumnya menyatakan identitas peserta seperti NIK, Nomor Tiket Vaksi, Jenis Vaksin, Jadwal Vaksin dan tentu link yang menghubungkan langsung ke Sertifikat Digital Vaksinasi Covid-19.



Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+