Iklan Header

Pertanda Apa? Di Kabupaten jeneponto Matahari Terbit Dari Utara

Admin One
Editor: Garutselatan.info Jumat, 18 Juni 2021, 10:48 WIB Last Updated 2021-06-18T03:49:09Z
Baca Juga

Pertanda Apa Di Kabupaten jeneponto Matahari Terbit Dari Utara - Warga di Jeneponto, Sulawesi Selatan dihebohkan dengan beredarnya rekaman video amatir terkait fenomena alam matahari terbit di sebelah utara. Video tersebut viral di media sosial.





Video amatir tersebut direkam salah seorang guru di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Binanamu Jeneponto pada Kamis (17/6/2021) pagi.


Video amatir tersebut ditanggapi salah satu tokoh masyarakat Jeneponto, yakni Andi Tahal Fasni Karaeng Sutte. Menurutnya, kejadian fenomena alam yang terjadi tersebut tak perlu disebarluaskan, karena itu adalah kejadian alami atau proses alam dan dirinya bukan ahli. Kemudian, itu bukanlah tanda-tanda kiamat.


"Tidak perlu dibuat lebih meluas, karena itu mungkin itu kejadian alami. Ini proses alam. Nah, kita bukan ahlinya di situ," ujar Andi Tahal.


Dengan adanya fenomena alam yang sangat langka terjadi tersebut diharapkan masyarakat jangan panik, namun tetap berserah diri kepada Tuhan yang maha kuasa.



Menurut Rizky, peristiwa matahari terbit di timur tapi dalam perjalanannya ke barat condong lewat arah utara memang rutin terjadi setiap tahun. Peristiwa ini biasanya terjadi mulai Maret dan puncaknya terjadi pada Juni dan berakhir pada September.


"Nanti setelah September menuju Oktober, November, Desember, dia bergeraknya perlahan-lahan dari timur ke barat lewat arah selatan," sambung Rizky.Menurut Rizky, peristiwa matahari terbit di timur tapi dalam perjalanannya ke barat condong lewat arah utara memang rutin terjadi setiap tahun. Peristiwa ini biasanya terjadi mulai Maret dan puncaknya terjadi pada Juni dan berakhir pada September.


"Nanti setelah September menuju Oktober, November, Desember, dia bergeraknya perlahan-lahan dari timur ke barat lewat arah selatan," sambung Rizky.

Lalu kapan matahari dari timur ke barat berada di garis Khatulistiwa? Rizky mengatakan hal itu terjadi mulai pada Desember hingga Februari.


"Desember ke Maret condong ke Selatan itu kembali lagi ke tengah-tengah, posisi ekuator di garis Khatulistiwa," katanya.

Rizky menambahkan peristiwa dalam video sebenarnya bisa disaksikan di seluruh langit Indonesia, tak hanya di Jeneponto. 











Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+