Iklan Header

BKN: Ayo Uji Kemampuan Pelamar CPNS 2021 dengan Simulasi CAT SKD

Admin One
Editor: Garutselatan.info Selasa, 10 Agustus 2021, 05:34 WIB Last Updated 2021-08-09T22:34:27Z
Baca Juga
BKN: Ayo Uji Kemampuan Pelamar CPNS 2021 dengan Simulasi CAT SKD - Badan Kepegawaian Negara (BKN) meluncurkan aplikasi simulasi Computer Assisted Tes (CAT) Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2021. 

BKN: Ayo Uji Kemampuan Pelamar CPNS 2021 dengan Simulasi CAT SKD


Simulasi CAT SKD akan menampilkan kumpulan soal-soal SKD CPNS 2021. Didalam aplikasi simulasi, ada soal tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensja umum (TIU), dan tes karakteristik pribadi (TKP). 

Sebelumnya, BKN telah mengumumkan jadwal seleksi CPNS 2021. Dimana, dalam seleksi CPNS 2021, pelamar akan menghadapi tiga tahap seleksi. Dimulai dari seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar (SKD), dan seleksi kompetensi bidang (SKB). 

Beberapa hari lalu, pelamar CPNS yang telah mendaftar dalam seleksi CPNS 2021, baru saja melewati tahap pertama yakni seleksi administrasi. Pengumuman hasil seleksi administrasi diumumkan selama dua hari dimulai dari 2 Agustus sampai 3 Agustus 2021. 

Dalam pengumuman tersebut banyak pelamar CPNS yang memenuhi syarat (MS) atau lulus seleksi adminstrasi dan tidak memenuhi syarat (TMS). Pelamar CPNS yang lulus seleksi secara otomatis akan melaju ke tahap selanjutnya yakni SKD. 

Pada SKD, pelamar CPNS akan menghadapi 110 soal atau pertanyaan. Dalam 110 soal tersebut terdiri dari 30 soal TWK, 35 soal TIU, dan 45 soal TKP yang masing-masing memilik nilai ambang batas atau passing grade yang harus dipenuhi untuk dapat lanjut ke tahap berikutnya. 

Pada TWK passing grade yang harus dicapai oleh pelamar sebanyak 65 poin dari nilai maksimal 150 poin. Dalam setiap jawaban yang benar bernilai 5 sedangkan jawaban salah atau tidak dijawab bernilai 0. 

SKD TIU memiliki kesamaan dalam penilaian dengan TWK. Setiap jawaban benar bernilai 5 poin. Sedangkan salah atau tidak dijawab bernilai 0. TIU memiliki nilai ambang batas atau passing grade 80 dari nilai maksimal mencapai 175 poin. 

Untuk TKP berbeda dengan kedua tes diatas. Setiap jawaban pada TKP memiliki nilai dari 1 sampai 5. Jika jawaban tepat maka poin yang akan didapat bernilai 5, jika tidak tepat maka jawaban tersebut bisa bernilai 1, 2, 3, atau 4. 

Passing grade atau nilai ambang batas yang harus dicapai pada TKP mencapai 166 poin dari nilai maksimal 225 poin. 

Lantas pertanyaan seperti apa yang nanti akan kita hadapi pada CAT SKD? 

Perlu diketahui, BKN memiliki aplikasi simulasi CAT SKD CPNS. Dimana, dalam aplikasi tersebut sangat banyak soal-soal atau pertanyaan terkait TWK, TIU, dan TKP. 

Pada simulasi pelamar akan menjawab atau mengikuti ujian dengan jumlah pertanyaan sama dengan passing grade yang sama. Simulasi ini sangat bagus untuk menguji kemampuan dari pelamar CPNS yang akan menghadapi ujian SKD. 

Karena pelamar akan mendapat gambaran awal terkait pertanyaan TWK, TIU, dan TKP. Selain itu, pelamar dapat merasakan menyelesaikan 110 soal atau pertanyaan dengan waktu hanya 100 menit. 

Lalu bagaimana cara mengikuti simulasi CAT SKD CPNS dari BKN? 

Caranya sangat mudah ikuti langkah berikut: 

Daftar 


1. Buka laman website https://cat.bkn.go.id/;

2. Klik simulasi;

3. Pilih daftar; 

4. Masukkan Nama lengkap; 

5. Email; 

6. Password; 

7. Konfirmasi password; 

8. Tempat lahir; 

9. Tanggal lahir; 

10. Jenis kelamin; 

11. Centang kotak kecil “I’m not a robot”; 

12. Tekan tombol simpan.

Masuk 


1. Buka laman website https://cat.bkn.go.id/

2. Klik mulai simulasi; 

3. Masukkan email password yang sudah didaftarkan; 

4. Centang kotak verifikasi “I’m not a robot”; 

5. Klik Login Setelah itu anda akan dibawa ke halaman ujian CAT SKD;

6. Silahkan berikan jawaban pada semua soal yang tersedia, selamat mencoba semoga berhasil.

Demikian informasi tentang BKN: Ayo Uji Kemampuan Pelamar CPNS 2021 dengan Simulasi CAT SKD, semoga bermanfaat.


Pencarian yang banyak dicari:
  • simulasi cat cpns 2021 gratis
  • simulasi cat bkn 2021
  • bkn go id 2021
  • simulasi cat bkn 2020
  • sscn bkn go id 2021
  • simulasi cat online
  • simulasi bkn 2021
  • simulasi cat skb



Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+