Iklan Header

Sejarah dan Misteri di Balik Lambang Negara Garuda Pancasila

Admin One
Editor: Garutselatan.info Kamis, 19 Agustus 2021, 20:41 WIB Last Updated 2021-08-19T13:41:34Z
Baca Juga

Sejarah dan Misteri di Balik Lambang Negara Garuda Pancasila -  Seluruh rakyat Indonesia tentunya tahu Pancasila adalah lambang negara kita Indonesia.Namun hanya sedikit masyarakat Indonesia yang mengetahui mengenai makna dan fakta sejarah dibalik pemilihan lambang negara tersebut.



Ada beberapa fakta sejarah dan misteri mengapa lambang negara Indonesia mengunakan burung garuda.


Berikut fakta dan misteri dibalik pemilihan burung garuda dan lambang Pancasila, seperti dikutip Ringtimesbali,com dari video yang diunggah kanal YouTube Daftar Populer pada 28 Mei 2021.


1. Garuda lambang Kejayaan

Lambang garuda adalah buah karya Sultan Hamid II tahun 1950 , ia adalah perwira tinggi berpangkat mayor Jendral di KNIL.


Pemilihan garuda bukan tanpa alasan, dalam falsafah Hindu, garuda adalah raja semua mahluk, setia kawan dan paling ditakuti. Selain itu, burung garuda melambangkan keagungan dan kejayaan.


2. Bintang emas sebagai cahaya kerohanian


Sila pertama Pancasila dilambangkan sebagai bintang emas berbingkai hitam. Bintang emas dimaknai sebagai cahaya layaknya Tuhan sebagai cahaya kerohanian semua mahluk.


Sedangkan perisai hitam menandakan warna alam, sebagai rujukan bahwa Tuhan adalah sumber dari segala sesuatu.


3. Rantai simbol tolong menolong


Sila kedua dilambangkan dengan rantai sebagai simbol manusia adalah mahluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain.


Rantai di lambang Pancasila ada yang berbentuk lingkaran sebagai ikon perempuan dan rantai berbentuk persegi sebagai ikon laki-laki.


4. Pohon beringin ikon pemersatu


Pohon beringin digunakan sebagai lambang sila ke 3 karena pohon beringin adalah pohon khas Indonesia yang memiliki akar tunggal yang sangat kuat.


5. Banteng hewan yang suka bermusyawarah


Sila ke 4 dilambangkan dengan kepala banteng. Banteng dipilih karena banteng adalah hewan sosial yang suka berkumpul persis seperti orang Indonesia yang suka bermusyawarah untuk mengambil keputusan penting.


6. Padi dan kapas lambang kesetaraan hak manusia


Sila ke 5 dilambangkan dengan padi dan kapas. Padi dan kapas identik dengan makna pangan dan sandang sebagai kebutuhan utama dan hak dasar bagi seluruh rakyat Indonesia.


7. Perisai melambangkan pertahanan yang kuat


Dibagian dada garuda terdapat perisai besar. Perisai melambangkan bahwa Pancasila muncul sebagai pelindung bagi seluruh rakyat Indonesia.


Selain itu terdapat 4 garis hitam tebal yang melambangkan garis katulistiwa, yang mencerminkan posisi Indonesia yang dilintasi garis khatulistiwa.



Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+