• Jelajahi

    Copyright © 2019- Garut Selatan Net
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan Header

    Lima Kota Kuno Dalam Sejarah Yang Ada Di indonesia

    Garsel Net
    Editor: Garutselatan.info Sabtu, 18 Desember 2021, 04:14 WIB Last Updated 2021-12-17T21:14:00Z
    Baca Juga
    Lima Kota Kuno Dalam Sejarah Yang Ada Di indonesia - Menginjakkan kaki di kota tertua menjadi tujuan wisata dengan sensasi tersendiri, terutama buat Moms yang menyukai sejarah dan bangunan-bangunan tua. Kota tertua biasanya menyimpan banyak sejarah menarik yang bisa dijadikan referensi untuk menambah informasi berharga.



    kota dalam air



    Selain itu, di kota tertua juga Moms bisa mengunjungi banyak bangunan tua yang menjadi saksi bisu dari banyaknya kejadian di masa lalu.

    Buat Moms yang tidak terlalu tertarik dengan sejarah, mengunjungi kota tertua sekadar untuk berfoto berlatar belakang bangunan-bangunan art deco juga bisa jadi pilihan.

    Suasana wisata sejarah cukup terasa ketika Moms berfoto di kota tertua sembari menikmati suasana dan pemandangan. Nah, berikut ini adalah beberapa destinasi wisata kota tertua di dunia dan Indonesia yang layak Moms kunjungi kelak setelah pandemi Covid-19.



    Kemunculan kota-kota pertama di dunia diketahui ada selama periode Neolitik di Mesopotamia kuno. Meski banyak dari kota-kota awal itu kini sudah tidak ada lagi, ada beberapa kota yang masih eksis dan berkembang menjadi kota modern. Melansir Oldest.org, berikut lima kota tertua di dunia yang hingga kini masih dihuni oleh manusia.

    Bangunan-bangunan yang tua dan kuno menjadi daya tarik bagi wisatawan. Bukan hanya karena arsitekturnya yang unik, tapi bangunan itu juga menyimpan cerita dan sejarah tersendiri yang menarik dipelajari. Dikutip dari berbagai sumber, beberapa kota tua tersebut yaitu:



    1. Kota Tua Jakarta

    Kawasan Kota Tua Jakarta jadi salah satu destinasi wisata favorit warga Ibu Kota dan sekitarnya saat akhir pekan atau hari libur. Di sini pengunjung bisa melihat deretan bangunan atau gedung-gedung kuno peninggalan sejarah Batavia. Mulai dari Museum Fatahillah, Museum Bank Indonesia, hingga Jembatan Kota Intan.


    Di Kota Tua Jakarta, wisatawan bisa mengenal lebih dalam sejarah Jakarta di masa lampau. Kota Tua ini terlihat sangat hidup di malam hari. Banyak pedagang asongan berjualan di sekitar tempat ini. Ditambah bermacam permainan yang juga ditampilkan seniman-seniman jalanan.



    2. Kota Yogyakarta dan Kotagede

    Di Yogyakarta pengunjung bisa menemukan banyak bangunan dengan nuansa vintage perpaduan konsep Jawa tempo dulu dan gaya Eropa. Berada di pusat Kota Yogya, tepatnya di Jalan Jenderal Sudirman hingga Titik Nol Kilometer, bisa melihat dan menemukan banyak bangunan bersejarah yang menarik untuk dikunjungi.

    Bangunan dengan nuansa vintage dan oldies tersebut di antaranya adalah gedung Bank Indonesia, Kantor Pos Indonesia, Bank BNI dan bahkan Gedung Agung. Sementara di kawasan Kota Gede Yogya, pengunjung akan menemukan bangunan dengan gaya vintage yang tetap terjaga keasliannya hingga sekarang. Kawasan Kotagede ini dikenal dengan banyaknya bangunan rumah penduduk yang masih mempertahankan gaya tradisional Jawa kuno.



    3. Kota Lama Semarang

    Kawasan Kota Lama Semarang terletak tidak jauh dari simpang lima yang menjadi ikon Ibu Kota Jawa Tengah. Banyak gedung tua antik yang membuat pengunjung terpukau dan berdecak kagum saat berkunjung ke sini. Salah satu bangunan yang menjadi landmark kawasan Kota Lama Semarang adalah Gereja Blenduk, bangunan gereja dengan kubah bundar seperti masjid dan gaya bangunan menyerupai Lawang Sewu.

    Banyak juga bangunan dengan nuansa klasik dan vintage yang tersebar di berbagai lokasi di Kawasan Kota Lama. Bangunan-bangunan tersebut masih berdiri kokoh dengan dominasi berwarna putih yang masih terjaga hingga sekarang.



    4. Kota Tua Bandung

    Di kota Bandung juga terdapat kawasan kota tua yang menarik untuk dikunjungi. Kawasan ini terletak di Jalan Asia Afrika dan kawasan Braga. Di kawasan ini pengunjung akan menemukan banyak bangunan dengan nuansa vintage dan retro yang bisa dijadikan spot foto yang instagramable.
    Bangunan di kawasan Jalan Asia Afrika dan Braga Bandung ini memiliki gedung dengan gaya art deco khas Eropa yang kokoh dan masih terjaga. Di kawasan ini pengunjung juga akan menemukan banyak cafe, toko hingga pusat perbelanjaan. Ada juga berbagai tempat kulineran yang enak yang patut dicoba.



    5. Kota Tua Surabaya

    Dijuluki sebagai Kota Pahlawan, tentu Surabaya memiliki bangunan tua peninggalan penjajahan Belanda yang masih eksis hingga sekarang. Ada banyak bangunan lawas yang terlihat sudah lusuh namun makin aesthetic untuk dijadikan lokasi spot foto.

    Kawasan Tugu Pahlawan dan Jembatan Merah Surabaya merupakan sebagian kawasan dengan bangunan gaya retro, jadul dan vintage di Surabaya. Di lokasi yang sama juga banyak terdapat bangunan dan rumah penduduk yang masih mencirikan bangunan lama yang kokoh dengan interior jadul.

    Di Jalan Veteran Surabaya pun terdapat kawasan dan tempat wisata yang dipenuhi dengan bangunan bernilai sejarah yang masih terawat dengan baik hingga kini. Pemerintah Kota Surabaya sendiri melindungi bangunan-bangunan di yang berasal dari kota tua tersebut untuk dijadikan cagar budaya.




    Paling Banyak Dicari:



    • kota kuno di dasar laut indonesia
    • kota kuno yang hilang di indonesia
    • 20 kota tertua di indonesia
    • kota tertua indonesia
    • kota kuno di dunia
    • 5 kota tertua di indonesia
    • provinsi tertua di indonesia
    • kota termuda di indonesia
    • kota yang berdiri sejak tahun 682 ini disebut sebagai kota tertua di indonesia
    • kota kuno di dunia
    • 20 kota tertua di indonesia
    • kabupaten tertua di indonesia
    • kota tertua indonesia
    • kota penuh sejarah di indonesia
    • 10 kota tertua di indonesia
    • kota tertua di jawa barat


    Ikuti Saluran WhatsApp Kami Garutselatan.info Lainnya di Google News

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Game

    +