Iklan Header

Mengenal Karakteristik Bahan Nylon untuk Tas

Admin
Editor: Garutselatan.info Jumat, 17 Desember 2021, 06:27 WIB Last Updated 2021-12-16T23:30:19Z
Baca Juga

Karakteristik Bahan Nylon untuk Tas - Berbagai jenis bahan kini dapat dipakai untuk memproduksi tas dan salah satu contohnya yaitu nylon. Bahan satu ini tergolong cukup sering ditemukan pada berbagai jenis model tas. Ternyata bahan ini memang punya karakter yang pas dan nyaman untuk dibuat menjadi tas. Kali ini akan dibahas lebih lengkap mengenai karakteristik bahan nylon beserta kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya, dikutip laman OSCAS.CO.ID.


Mengenal Karakteristik Bahan Nylon untuk Tas

Tentang Bahan Nylon

Mari berkenalan dulu dengan bahan nylon sebelum membahas kekurangan dan kelebihannya lebih lengkap. Bahan ini tergolong unik dan memiliki perbedaan jelas dibandingkan jenis-jenis bahan kain lainnya. Jika bahan lain terbuat dari hasil alam seperti kapas dan sutra maka tidak dengan bahan nylon ini.


Nylon murni terbuat dari bahan sintetis yang karakteristiknya tergolong lebih unggul dibandingkan jenis bahan lain. Material pembuatan bahan nylon ini hampir mirip dengan bahan polyester. Banyak sekali orang yang menganggap bahwa dua jenis bahan ini sama padahal sebenarnya berbeda.


Hanya saja dilihat dari tampilan fisiknya memang terlihat mirip sehingga cukup sulit untuk dibedakan. Selain itu keduanya juga sering dipakai untuk membuat produk tas. Jika dilihat dari tampilan fisiknya, bahan nylon ini memiliki permukaan yang sedikit mengkilap.


Teksturnya juga sedikit kasar apalagi jika bergesekan dengan bahan kain lainnya. Jika dilihat dari bobotnya, kain ini memiliki bobot yang tergolong ringan. Hanya saja jenis kain ini cukup panas sehingga tidak begitu cocok dipakai sebagai bahan baku pakaian namun sangat direkomendasikan untuk bahan baku pembuatan tas.


Kelebihan Bahan Nylon


Setelah sedikit mengenal karakteristik bahan nylon, mari cari tahu lebih dalam lagi lewat kelebihan yang dimiliki oleh bahan ini. Tentunya bahan nylon punya banyak kelebihan yang membuatnya banyak disukai sebagai bahan baku pembuatan tas. Berikut adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh bahan nylon:


1. Tahan Lama


Kelebihan pertama yang dimiliki oleh jenis bahan ini adalah cukup tahan lama. Salah satu syarat penting yang harus dipenuhi oleh sebuah bahan pembuatan tas adalah ketahanannya.


Bahan tas harus punya daya tahan yang baik agar awet digunakan meskipun dipakai untuk menyimpan banyak benda dan menanggung beban yang berat sekali pun. Sifat ini dimiliki oleh bahan nylon sehingga tak heran jika banyak produsen tas yang memilih untuk memakai bahan baku tersebut.


Nylon terbuat dari bahan sintetis yang didesain punya kekuatan bagus. Tas berbahan nylon terbukti bisa digunakan untuk jangka waktu lama dan tidak mudah rusak meskipun digunakan setiap hari untuk menampung banyak barang.


2. Ringan


Salah satu sifat bahan nylon yang juga memberikan keuntungan tersendiri adalah bobotnya cukup ringan. Bahan ini ringan namun cukup kuat sehingga sangat mudah untuk dibuat menjadi tas. Selain itu pengguna tas berbahan nylon juga akan merasa lebih nyaman karena bobot tasnya sendiri tergolong ringan. Jadi tidak akan menambah beban ketika harus membawa banyak barang saat beraktivitas.


3. Elastis Dan Mudah Dibentuk


Salah satu alasan mengapa banyak produsen tas yang memilih bahan nylon sebagai bahan baku adalah karena material ini cenderung elastis. Ini merupakan salah satu karakteristik bahan nylon yang memang disukai oleh banyak orang.


Elastisitas dari bahan nylon membuatnya begitu mudah untuk dibentuk. Jadi tak heran jika banyak sekali model tas yang terbuat dari bahan nylon. Di bidang produksi tas, tentu kreativitas dalam membuat model tas sangat dibutuhkan.


Pengguna pasti akan bosan jika tas yang dihasilkan begitu-begitu saja. Itulah mengapa bahan nylon digunakan karena bisa dikreasikan dengan mudah dan menghasilkan banyak model tas yang unik dengan nilai jual yang lebih tinggi.


4. Mudah Kering


Keunggulan lain dari bahan nylon adalah punya sifat mudah kering. Ketika terkena air, bahan ini bisa kering dengan cepat. Bagi pengguna yang sering melakukan aktivitas outdoor, maka jenis tas dari bahan nylon sangat direkomendasikan. Ketika terkena hujan, tas ini bisa kering dengan cepat hanya dengan diangin-anginkan.


5. Mudah Dicuci


Bahan nylon juga merupakan jenis tas yang sangat mudah untuk dicuci. Tas berbahan nylon mudah untuk dibersihkan dan tidak butuh jenis detergen khusus. Pengguna akan merasakan kemudahan untuk mencuci tas karena terbuat dari bahan nylon yang tidak butuh langkah perawatan khusus dan rumit.


Kekurangan Bahan Nylon


Jenis bahan satu ini memang sudah sangat populer di kalangan produsen tas. Namun meskipun punya banyak kelebihan, nyatanya bahan nylon ini juga punya beberapa kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kekurangan yang dimiliki oleh jenis material nylon:


1. Tidak Tahan Panas


Salah satu karakteristik bahan nylon yang menjadi poin kelemahan adalah tidak tahan terhadap panas. Jenis bahan ini tidak sebaiknya dijemur langsung di bawah sinar matahari. Ketika terpapar sinar matahari langsung dengan kadar yang berlebihan maka jenis kain ini akan langsung pudar warnanya dan berubah menjadi lusuh.


2. Mudah Terbakar


Tipe bahan nylon ini juga sangat mudah terbakar. Nylon merupakan bahan yang terbuat dari material sintetis dari minyak bumi. Inilah yang menyebabkan bahan nylon sangat mudah terbakar.


Jadi sangat tidak disarankan untuk menyetrika bahan ini dengan suhu yang terlalu tinggi. Jika disetrika dengan suhu yang tinggi maka bahan ini akan langsung lengket lalu meleleh.


Sebenarnya tipe bahan ini tidak disarankan untuk disetrika. Tas dengan material nylon cukup dicuci dan diangin-anginkan saja tanpa dijemur di bawah sinar matahari langsung. Tak perlu juga disetrika karena bisa merusak bahan lagipula tanpa disetrika pun bahan juga tidak terlalu kusut.


3. Sirkulasi Buruk


Kekurangan lain dari bahan nylon adalah sirkulasinya tergolong buruk. Bahan ini sangat tidak disarankan untuk dipakai sebagai bahan pakaian karena sama sekali tidak menyerap keringat. Jika digunakan sebagai bahan tas sebenarnya kekurangan ini tidak akan terlalu memberi dampak negatif sehingga masih tergolong aman dan direkomendasikan.


4. Tidak Tahan Air


Bahan nylon juga tidak begitu tahan dengan air. Jadi bisa dikatakan bahwa jenis bahan ini cenderung mudah basah. Namun kekurangan ini diimbangi dengan kelebihan bahan nylon yang mudah kering. Jadi meskipun mudah basah, bahan ini juga mudah kering sehingga tetap cocok untuk digunakan sebagai tas.


Berdasarkan semua kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh bahan nylon, jelas bahwa bahan ini tetap cocok digunakan sebagai material utama pembuatan tas. Ada banyak sekali model tas yang telah dibuat dengan bahan utama nylon.


Mulai dari ransel, sling bag, tas jinjing, dan lain sebagainya. Warna dari bahan ini juga sangat beragam sehingga varian produk tas bisa lebih menarik. Secara keseluruhan, karakteristik bahan nylon memang sangat baik untuk membuat tas.


Kelebihan bahan ini cukup memuaskan dan memenuhi syarat kebutuhan produksi tas. Bagi Anda yang ingin membuat tas dengan berbagai model menggunakan bahan nylon, kami siap memberikan pelayanan terbaik. Untuk informasi lebih lanjut seputar bahan tas bisa kunjungi https://blog.oscas.co.id/.



Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+