Iklan Header

Wow Ternayata 5 Budaya Sunda Ini Terkenal Di Dunia Loh

Garsel Net
Editor: Garutselatan.info Jumat, 21 Januari 2022, 21:44 WIB Last Updated 2022-01-21T14:47:25Z
Baca Juga

Wow Ternayata 5 Budaya Sunda Ini Terkenal Di Dunia - Sunda, Suku dengan Seribu Budaya Indonesia memiliki banyak budaya. Beberapa diantaranya banyak yang sudah terkenal hingga ke luar negeri. Bahkan tidak jarang orang luar negeri mempelajari budaya tersebut. Salah satunya adalah budaya Sunda. Sunda adalah suku yang memiliki banyak budaya dengan nilai filosofis tinggi.


wayang sicepot

 

Akan tetapi, selain angklung juga ada seni budaya lain seperti alat musik, tarian bahkan pertunjukan tradisional yang lainnya. Berikut ini merupakan 5 budaya dari Sunda yang terkenal di luar negeri yang harus Anda tahu.


1. Wayang Golek


Wayang merupakan salah satu budaya yang lekat di Indonesia. Berbeda dengan wayang kulit pada umumnya, Sunda memiliki wayang golek yang biasanya terbuat dari kayu.


Wayang tersebut dibentuk seperti suatu tokoh tertentu, misalnya cepot, dan terdapat kayu untuk menggerakkannya.


Untuk menggerakkannya terutama dalam pementasan dibutuhkan pengendali wayang yang disebut dengan dalang.


Dalang ini dapat memainkan 4-10 karakter dengan suara dan karakter yang berbeda. Sehingga pertunjukan wayang sangat menarik.


2. Tari Jaipongan


Tarian khas Sunda ini berasal dari Karawang. Tarian ini diciptakan oleh H. Suanda di tahun 1976 dan merupakan tarian kombinasi. Ini karena Tari Jaipong merupakan percampuran dari seni pencak silat dengan Tari Topeng Banjek, Ketuk Tilu bahkan Wayang Golek.


Diiringi oleh musik gamelan (degung, ketuk, gendang, rebab, kecrek, gong) dan iringan nyanyian sinden, tarian jenis ini berkembang dengan sangat pesat.


Untuk melengkapi tarian ini, maka penarinya menggunakan pakaian yang berbau tradisional Sunda, yaitu sampur, sinjang, apok.


Dalam pertunjukannya, biasanya terdapat orang (misalnya anak kecil), duduk di atas singa tersebut. Kemudian pembawa atau penggotong sisingaan akan melakukan tarian atau gerakan sesuai dengan iringan alat musik.


3. Sisingaan


Sisingaan merupakan boneka singa yang ukurannya besar dan dapat dinaiki. Sisingaan ini terbuat kayu, dengan bulu yang terbuat dari benang rafia dan badan dibungkus dengan kain.


Karena itu, boneka ini mirip dengan singa.


Umumnya, tradisi ini dipergunakan untuk sunatan, penerimaan tamu khusus, acara khusus kesenian hingga hari besar.


Karena menarik, maka budaya Sunda ini memiliki perkembangan yang cukup pesat. Bahkan sudah merambah ke setiap daerah di Sunda.


4. Tarian Kuda Renggong


Tarian ini berasal dari Sumedang. Renggong sendiri memiliki arti keterampilan. Dalam pertunjukan kesenian ini, penari menggunakan kuda yang dilatih mengikuti irama musik dan menari.


Kuda yang dipergunakan adalah kuda asli sehingga yang dipilih adalah yang berbadan kuat dan tegap.


Untuk mengiringi tarian ini, maka perlu musik dari kendang. Namun, seiiring dengan berkembangnya zaman, alat musik yang dipergunakan pun saat ini lebih variasi.


Dalam tarian ini, kuda tidak dapat berjingkrak-jingkrak, bahkan menggelengkan kepala mengikuti iringan musik. Karena itu, tarian ini menjadi lebih menarik.


5. Degung


Selain angklung, Sunda memiliki alat musik tradisional yang juga terkenal hingga mancanegara. Alat musik tradisional tersebut adalah degung. Namanya sendiri diambil dari bahasa Belanda yaitu De Goong yang berarti gamelan.


Dibuat pertama kali di tahun 1879 oleh H. J. Oosting, alat musik ini seakan menjadi alat musik wajib untuk mengiringi pertunjukan tradisional. Beberapa contoh dari pertunjukan tradisional tersebut adalah nyanyian atau sinden dan jaipongan.




Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+