Iklan Header

Cara - Cara Belajar Secara Efektif Dan Efisien

Garsel Net
Editor: Garutselatan.info Rabu, 20 April 2022, 17:47 WIB Last Updated 2022-04-20T10:53:25Z
Baca Juga
Cara - Cara Belajar Secara Efektif Dan Efisien - Belajar ialah serangkaian aktivitas mendalami, menguasai menimpa salah satu pelajaran apapun, entah itu pengetahuan dalam bidang penddikan, ekonomi, politik, sosial, budaya, sains serta yang lain.
Salahsatu keutamaan yang bisa kita peroleh dari metode belajar efisien ini merupakan bertambahanya pengetahuan dari bermacam disiplin ilmu yang sudah dipelajari.

Kunci tangguh dan mandiri




Bukan hanya pelajar sekolah saja yang diwajibkan belajar, tetapi seluruh kalangan harus belajar. Mengutip dari perkataan orangtua kita dulu bila“ Tidak terdapat kata terlambat buat belajar”.
Terlebih, dalam agama Islam menganjurkan masing- masing pemeluknya supaya terus menuntut ilmu serta belajar. Sebagaimana yang ada dalam hadits tentang anjuran menuntut ilmu.


طَلَبُالْعِلْمِفَرِيْضَةٌعَلَىكُلِّمُسْلِمٍ


“ Mencari ilmu merupakan harus hukumnya untuk tiap muslim pria ataupun muslim wanita”( HR. Ibnu Abdil Barr).


Dalam proses pendidikan yang dilalui, tiap orang pastinya mempunyai tata cara maupun metode yang berbeda.

Sebagian metode belajar yang umumnya digunakan antara lain: dengan membaca, belajar dengan tata cara menulis, ada pula yang belajar dengan mencermati( listening), serta adapula yang belajar dengan tata cara memamandang( memandang).


Gimana menciptakan gaya belajar secara baik serta pas, pastinya ada kiat- kiat dan triknya. Berikut ini penjelasan pendek biar metode belajar sahabat jadi efisien:


Berdoa.

Mulailah seluruh kegiatan dengan berdo’ a tidak terkecuali kegiatan belajar, hendaknya sahabat berdo’ a terlebih dahuulu serta meminta kepada Allah SWT biar kala belajar diberikan kemudahan, kepahaman menekuni pelajaran dan diberikan kelancaran dalam proses belajar.


Dianatara do’ a yang kerap di ucapkan merupakan“ Rabbi Dzidnii‘ llman warzuqnii fahman”. Maksudnya“ Wahai Tuhanku berikanlah ilmu serta tambahkanlah kepahaman bagiku”


Selaku mahluk yang tidak berdaya sebaiknya kita senantiasa berdo’ a serta memiminta petunjuknya, sebab Allah SWT yang membagikan ilmu serta uraian.


Memilah waktu yang sesuai.


Memilah waktu yang sesuai ialah kecakapan belajar sahabat. Jikalau sahabat belajar pada keadaan waktu yang tidak mood maupun tidak aman, secara otomatis otak sahabat hendak susah buat mengolah serta menguasai pelajaran yang lagi dipelajari.


Waktu yang sesuai buat belajar ialah kala pagi hari, karena kondisi raga belajar sahabat masih dalam keadaan segar dan ilham kita belum banyak memikirkan bebagai hal


Mengadakan Kenyamanan Dalam Belajar.


Berikutnya ialah membangun kenyamanan belajar yang tenang. Gimana

sih metode membangun kenyamanan yang baik buat belajar itu? Betul, kenyamanan serta ketenangan yakni atmosfer yang bisa membuat sahabat fokus dan mudah buat berkonsentrasi.


Contohnya Atmosfer belajar yang aman yakni tempat sahabat belajar wangi dan bersih, tidak dalam atmosfer, bising serta berisik, temperatur ruangan yang sesuai, dan lain sebagainya.

Jika admin umumnya belajar di masjid. jadi seusai shalat berjama’ ah admin tidak langsung berangkat begitu saja hendak namun berdiam diri di masjid dekat 15 hingga 30 menit buat membaca serta menghafalkan pelajaran.


Tau gak sih sesungguh sehabis kita beribadah itu ialah atmosfer yang sangat kondusif buat belajar. Sebab kala itu hati lagi tenang serta aman.


Membaca ialah kunci utama dalam belajar.


Dengan membaca kita hendak memperoleh ilmu dari sesuatu yang kita baca. Seorang suka membaca pastilah memperoleh ilmu yang lebih dibanding dengan mereka yang tidak gemar membaca.

Jadi, mulai sejak dini biasakanlah hobi membaca. Karena membaca hendak mempermudah sahabat dalam memahami bidang ilmu.


Apabila sahabat ingin membaca maupun mencari informasi yang dibutuhkan, kamu bisa mengarah portal academia. edu maupun google scholar. Karena portal tersebut menyajikan berbagai konten informasi yang bermutu dan informatif.


Sehabis membaca, pahami apa yang telah kamu baca.


Berikutnya sehabis sahabat membaca novel, koran, majalah, artikel maupun media apapun itu, selanjutnya ialah memahami isi dari novel maupun media yang sahabat baca tersebut.


Mengapa harus memahaminya? Karena bila sahabat menghafal segala isi novel, koran, majalah, artikel maupun media yang sahabat baca itu hjauh lebih susah.


Hafalkan kata kuncinya.


Sahabat hanya perlu menghafal poin- poin berartinya saja dari novel, koran, majalah maupun media yang sahabat yang telah baca serta pahami tadi.

Dengan kita menghafal hal- perihal berartinya saja, dapat jadi teman nantinya dapat merumuskan sendiri apa arti dari novel, koran maupun media yang telah kita baca dan pahami sebelumnya.


Temukan Point Berarti serta Catat!.


Paling tidak kita menulis point- point berarti( kata kunci) yang sudah teman hafal tadi. Karena tenaga ingatan manusia tentu terdapat batasannya. Serta manusia tidak hendak terlepas dari kesalahan, kelupaan( Angkatan laut(AL) Insaan mahalul khatha’ wan nisyan).


Jadi, apabila kamu kurang ingat tantang apa yang teman baca serta pahami sebelumnya, kamu masih bisa melihatnya lagi tidak perlu membaca ulang novel, koran, majalah, artikel maupun media sebelumnya.


Sebagaimana yang sempat dikatakan oleh Imam Asy Sya’ bi rahimahullah“ Bila dirimu mendengar khasiat ilmu, hingga catatlah walaupun di tembok!”( Diriwayatkan oleh Khaitsamah, amati Hilyah Thalibil‘ Ilmi perihal. 53)


Perihal ini dikuatkan pula dalam mahfudzat yang berbunyi:“ Al- ilmu’ shoydun wa kitabatu qoyiduhu, qoyd shuyudaka bil habaali wa sthiqoti”


Maksudnya:“ Ilmu merupakan buruan, sebaliknya tulisan merupakan pengikat Hingga ikatlah buruanmu dengan tali yang kokoh”


Sempatkan waktu istirahat dalam belajar.


Tubuh dan otak kita hendak hadapi keletihan apabila sangat kerap belajar. Oleh karena itu, bila sahabat belajar, berilah waktu buat diri kamu istirahat.


Belajar kelompok dan berbagi ilmu serta informasi.


Dengan belajar secara kelompok sebaiknya memudahkan sahabat dalam mengatasi perkara apabila terdapat kesusahan disaat belajar. Misal jikalau sahabat tidak dapat memahami sesuatu ilmu bisa langsung tanya kepada teman kelompok kita.


Belajar secara kelompok pula meringankan sahabat dalam berbagi ilmu dan informasi. Dengan bertukar ilmu dan pula informasi bisa tingkatkan pengetahuan yang kamu mempunyai.


Tata cara dialog bersama sahabat sangat ialah metode belajar


efisien apabila hadapi kesusahan. Dengan berdiskusi ini sahabat pastinya berbagi pengetahuan satu dengan yang yang lain sehingga belajar hendak lebih mengasyikkan bukan?


Bertanya apabila kurang paham.


Kala sahabat menemui hambatan dalam belajar, bertanyalah kepada seseorang yang mengerti Menimpa perkara sahabat misalnya guru, orangtua maupun kakak.


Terlebih pada masa ini terdapat yang namanya wwe. google. com, di dalam google banyak sekali pengetahuan yang bisa sahabat peroleh. Jadi kita bisa memudahkan dalam mengatasi permasalahan teman pada waktu proses

belajar. 


Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+