Iklan Header

Cara Membuat Baterai Hp Tahan Lama dan Berumur Panjang

Garsel Net
Editor: Garutselatan.info Rabu, 13 April 2022, 10:20 WIB Last Updated 2022-04-13T03:22:12Z
Baca Juga
Cara Membuat Baterai Hp Tahan Lama dan Berumur Panjang - Kebutuhan hp dengan baterai yang tahan lama kini semakin meningkat. Seperti yang diketahui, satu hal yang selalu menjadi masalah klasik dari hp Android adalah daya tahan baterai yang cepat habis.


Membuat Baterai Hp Tahan Lama



Hp Android yang telah dipakai lebih dari satu tahun pada umumnya akan mengalami penurunan performa baterai. Meski kini sudah banyak hp dibekali baterai kapasitas besar, namun tetap diperlukan beberapa pengaturan agar lebih tahan lama.


Cara Menghemat Baterai Hp Android


Dibandingkan featured phone, konsumsi baterai smartphone memang jelas lebih boros karena harus menjalankan beragam layanan secara bersamaan. Ditambah penggunaan beragam hardware yang sangat menguras baterai hp, seperti layar, prosesor dan lainnya.


Selain itu, borosnya baterai hp juga bisa disebabkan oleh aplikasi yang tertanam di dalamnya. Bukan rahasia lagi kalau di Google Play Store sendiri banyak aplikasi yang boros baterai.



Tentu hal ini menjadi kendala tersendiri bagi kita, apalagi bila hp itu sangat dibutuhkan, baik untuk menunjang pekerjaan sehari-hari maupun saat melakukan perjalanan mudik Lebaran.

Nah, agar masalah baterai boros di Android bisa teratasi, berikut ini adalah cara menghemat baterai di hp Android agar bisa bertahan lebih lama.



1. Redupkan Cahaya Layar


Ini adalah cara paling standar yang bisa kamu lakukan jika ingin menghemat beterai Android. Dengan pengaturan pencahayaan layar yang tinggi, akan membuat konsumsi baterai di hp juga akan semakin tinggi.


Efeknya, baterai menjadi lebih boros. Untuk itu, untuk menghemat baterai Android, kamu jelas harus mengurangi cahaya dari layar atau sedikit meredupkannya. Selain lebih hemat baterai, mata kamu juga tidak akan cepat lelah akibat melihat cahaya yang terlalu terang.


2. Matikan Fitur Getar


Bagi sebagian orang, fitur getar sangat dibutuhkan karena itu juga akan menjadi penanda lain ketika ada panggilan masuk. Hal ini sendiri normal dilakukan, karena nada dering dianggap kurang terdengar, bisa memancing perhatian orang (termasuk orang jahat), atau mengganggu orang lain.


Namun, fitur yang satu ini juga menjadi salah satu biang kerok dari borosnya baterai smartphone Android. Baterai akan semakin boros jika kamu juga mengaktifkan fitur ini pada saat menekan tombol atau mengetik teks.


Saran kami, coba atur getaran di hp, kalau bisa matikan getaran di hp kamu. Kalaupun ingin mempertahankan penggunaannya, matikan saja fitur getar pada saat menekan tombol atau mengetik teks karena penggunaannya tidak terlalu efektif pada saat itu.


3. Matikan Fitur Lokasi (GPS)


Salah satu cara untuk menghemat baterai Android adalah dengan mematikan fitur lokasi atau GPS. Sebenarnya, fitur ini akan sangat berguna ketika kita sedang mencari alamat menggunakan layanan maps.


Namun, setelah itu, rasanya penggunaannya tidak akan terlalu efektif. Palingan fitur ini akan berguna pada saat kamu ingin menambahkan lokasi pada saat update status Instagram atau sosial media lain yang bisa memasukkan nama lokasi.


Saran kami, lebih baik fitur lokasi ini hanya dipakai di saat-saat seperti yang sudah disebutkan di atas. Selebihnya, matikan saja agar tidak terlalu banyak memakan baterai.


4. Aktifkan Fitur Penghemat Baterai


Smartphone-smartphone zaman sekarang sudah semakin canggih karena mereka sudah menyediakan fitur penghemat baterai yang bisa kamu manfaatkan.


Biasanya, penghematan yang dilakukan adalah dengan mengatur pencahayaan layar, dan mematikan aplikasi-aplikasi yang berjalan di background.


Namun, ada kalanya ketika menggunakan hp, kita tidak suka bila harus dibatasi penggunaannya. Kalau sudah begitu, kami menyarankan untuk menyalakan fitur ini bila kapasitas baterai di hp Android sudah mendekati low batt. Agar kapasitas baterai di hp menjadi lebih panjang.


5. Bersihkan Aplikasi yang Tidak Diperlukan


Banyak pengguna hp Android yang menganggap kalau menutup aplikasi sudah cukup untuk membuat hp menjadi lebih enteng. Padahal, itu hanya membuatnya ditutup namun tetap berjalan di background.


Kalau itu dibiarkan terus menerus, maka akan memakan memori ram dan juga baterai. Karena itu, cobalah masuk ke menu multitasking dan cek apa saja aplikasi yang masih berjalan. Kalau ada aplikasi yang sudah tidak terpakai, lebih baik matikan saja.


6. Kurangi Waktu Stand By Layar Hp Android


Seperti yang sudah disebutkan di atas, kalau salah satu hal yang membuat baterai menjadi boros adalah karena urusan layar. Tidak hanya karena cahayanya yang terlalu terang, namun juga akibat terlalu lama menyala, termasuk karena stand by terlalu lama.


Dalam hal ini, kami menyarankan kamu untuk mengurangi waktu stand by dari hp kamu. Kamu bisa mengaturnya di menu setting hp, ubah waktu stand by hp menjadi tidak terlalu lama agar baterai hp tidak terbuang percuma.


7. Jangan Pakai Banyak Widget di Homescreen


Salah satu hal yang tidak disadari akan membuat baterai hp menjadi boros adalah menaruh terlalu banyak widget di homescreen. Widget-widget tersebut akan aktif dan memakan baterai hp sedikit demi sedikit.


Karena itu, lebih baik buat tampilan homescreen hp menjadi lebih kosong dengan menyingkirkan widget-widget di hp kamu. Selain menyingkirkan widget, kamu bisa menggunakan wallpaper warna hitam agar cahaya di hp menjadi tidak terang dan baterai menjadi tidak banyak terkuras.


Baterai Bisa Awet Seharian!
Itulah cara menghemat baterai hp yang bisa di coba, terutama untuk Anda yang akan melakukan mudik.



Pencarian yang banyak dicari:


  • Berapa persen baterai HP harus dicas?
  • Apakah ngecas HP harus 100 persen?
  • Kode *# 0228 Untuk apa?
  • Berapa lama baterai 5000 mAh bertahan?
  • tips agar es batu tahan lama
  • edamame tahan berapa lama
  • opor tahan berapa lama
  • baterai iphone 7 plus tahan berapa lama
  • tips agar makeup tahan lama
  • cara membuat baterai hp tahan lama
  • kode hemat baterai
  • cara agar baterai hp awet xiaomi
  • cara agar baterai hp awet samsung
  • cara agar baterai hp awet oppo
  • cara merawat baterai hp baru
  • aplikasi penghemat baterai
  • cara agar baterai hp awet tanpa aplikasi


Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+