Iklan Header

Gagal Lolos Kartu Prakerja? Lakukan Ini

Garsel Net
Editor: Garutselatan.info Minggu, 10 April 2022, 18:31 WIB Last Updated 2022-04-10T11:31:37Z
Baca Juga
Gagal Lolos Kartu Prakerja? Lakukan Ini - Komite Cipta Kerja (KCK) memutuskan untuk membuka gelombang tambahan
Kartu Prakerja 2022. Pembukaan gelombang 24 Kartu Prakerja ini karena tingginya animo masyarakat untuk mendaftar Kartu Prakerja





"Pendaftaran gelombang 24, yang merupakan gelombang tambahan. Menurut Louisa, kuota gelombang 24 ini didapatkan dari pemulihan kuota kepesertaan gelombang sebelumnya yang telah di-blacklist. Tingginya jumlah pendaftar membuat beberapa peserta tak kunjung lolos, meski telah mencoba hingga tiga kali.




Bagaimana jika sudah 3 kali gagal? Bagi mereka yang sudah 3 kali gagal lolos, Manajemen Kartu Prakerja telah menyiapkan satu opsi yang bisa dipilih oleh pendaftar. Mengutip dari laman FAQ Prakerja, bagi Anda yang sudah gagal hingga tiga kali, maka Anda dapat mengadukan masalah tersebut ke Prakerja. Caranya, dengan mengisi surat pernyataan yang bisa diunduh melalui link berikut: surat pernyataan gagal 3 kali. 



Selanjutnya, isi dengan benar surat pernyataan tersebut, kemudian kirim ke alamat e-mail: kepesertaan@prakerja.go.id. Setelah terkirim, Manajemen Pelaksana Prakerja akan melakukan pengecekan. Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Denni Purbasari mengatakan, surat tersebut untuk memastikan penyebab peserta terblokir oleh sistem, sehingga membuatnya tak kunjung lolos. 



Menurut data Kemendikbud, misalnya, pendaftar masih dinyatakan sebagai mahasiswa aktif. Sementara, di surat pernyataan sudah disebutkan bahwa pendaftar bukan mahasiswa atau siswa aktif. Meski demikian, manajemen sudah menyiapkan bobot tambahan bagi mereka yang tak kunjung lolos meski mendaftar berkali-kali. "Kalau teman-teman sudah daftar berkali-kali kami sebenarnya membobot tambahan dari pendaftar karena menunjukkan itu niat banget," kata dia.


Penyebab tak lolos Ada beberapa kemungkin peserta tak kunjung lolos. Pertama, adanya ketidaksesuaian antara Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Keluarga (KK). Jika menemui kendala itu, masyarakat diimbau segera menghubungi Call Center Dukcapil di 1500-538 atau datang ke kantor Dukcapil terdekat. 


Faktor kedua yang membuat peserta tidak lolos adalah kemungkinan masuk dalam daftar kelompok yang dilarang mendaftar Kartu Prakerja. Mereka adalah pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD Aparatur Sipil Negara (ASN), prajurit TNI, anggota Polri, kepala dan perangkat desa direksi, komisaris, serta dewan pengawas pada BUMN atau BUMD.



Pencarian Yang Banyak Dicari:

  • cara lapor prakerja gagal terus 2022
  • surat pernyataan gagal prakerja
  • 7 kali gagal prakerja
  • gagal mengisi data diri prakerja
  • cara daftar ulang prakerja yang sudah terdaftar
  • 3 kali gagal prakerja
  • cara melihat penyebab gagal prakerja
  • cara daftar ulang prakerja dengan email yang sama


Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+