Iklan Header

Hukum Sahur Jam 5 Pagi Karena Kesiangan?

Garsel Net
Editor: Garutselatan.info Senin, 11 April 2022, 21:04 WIB Last Updated 2022-04-11T14:04:22Z
Baca Juga
Hukum Sahur Jam 5 Pagi Karena Kesiangan? -  Bolehkah sahur jam 5 pagi karena kesiangan? Jangan remehkan informasi berikut ini terkait waktu sahur.


Hukum Sahur Jam 5 Pagi Karena Kesiangan? 



Banyak yang masih belum memahami bahwa batas memulai puasa itu adalah saat fajar.



"Silakan Anda makan dan minum, batasnya adalah saat fajar," ujar Ustadz Adi Hidayat dikutip dari Youtube Sirathal Mustaqim.
Hal terkait batas waktu sahur ada di Al Quran berdasarkan firman Allah di surat yang kedua Surat Al Baqarah ayat 187, "dan makan minumlah kamu hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam".


"Fajar ditandai dengan adzan. Jika sudah masuk waktu subuh maka sudah wajib hukumnya puasa. Jika ada yang tanya apakah adzan subuh apakah yang boleh dimakan? Jawabannya Tidak ada yang dimakan, tidak ada yang diminum," kata Ustadz Adi Hidayat.


Lebih lanjut, Ustadz Adi Hidayat menjelaskan jika Anda pernah mendengar hadist yang mengatakan sedang makan lalu mendengar adzan maka segera habiskan, maka yang dimaksud adalah adzan subuh pertama.
Dalam suasana Madinah pada saat itu dikumandangkan adzan dua kali. Beliau mengisyaratkan adzan sebelum subuh untuk mempercepat waktu sahur.


"Ketika Nabi mengatakan ketika terdengar adzan subuh masih boleh makan, yang dimaksud adalah adzan pertama yang dikumandangkan oleh Bilal, bukan adzan subuh kedua," katanya.


Sampai fajar, masuk waktu subuh saat adzan berkumandang, itu adalah batas sahur kita.
"Kenapa Anda bangun dan baru tersadar sampai adzan berkumandang? Maka Anda perlu memperbaiki kembali cara Anda hidup," ujar Ustadz Adi Hidayat.



Pencarian yang banyak dicari:

  • Apakah masih bisa sahur setelah adzan subuh?
  • Kesiangan sahur Bolehkah minum?
  • Apa hukumnya telat sahur?
  • Bolehkah sahur pada saat adzan subuh sudah berkumandang karena baru terbangun brainly?



Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+