Iklan Header

Faktor -faktor Yang Mempengaruhi Pengasuhan Orang Tua

Garsel Net
Editor: Garutselatan.info Selasa, 17 Mei 2022, 16:54 WIB Last Updated 2022-05-17T09:55:34Z
Baca Juga

Faktor -faktor yang mempengaruhi pengasuhan orang tua - Terkadang tumbuh kembang buah hati kita itu tergantung bagaimana kita mengasuhnya dalam sehari - hari, jadi asuh dan rawatlah si kecil dengan baik supaya tumbuh kembang dengan baik juga.

Pengasuhan Orang Tua 


1. Kepribadian orang tua


Setiap orang berbeda dalam tingkat energi, kesabaran, kecerdasan, sikap dan kedewasaan. Karakteristik ini akan mempengaruhi kemampuan orang tua untuk memenuhi tuntutan peran orang tua dan bagaimana tingkat sensitivitas orang tua terhadap kebutuhan anak -anak mereka.


2. Keyakinan


Keyakinan yang dimiliki orang tua mengenai pengasuhan akan mempengaruhi nilai pengasuhan anak dan akan memengaruhi perilaku mereka dalam merawat anak -anak mereka.


3. Persamaan dengan pengasuhan yang diterima oleh orang tua sebelumnya


Jika orang tua merasa bahwa orang tua mereka berhasil menerapkan pengasuhan anak mereka dengan baik, maka mereka akan menggunakan teknik serupa dalam merawat anak -anak jika mereka merasa pengasuhan yang digunakan oleh orang tua mereka tidak benar, maka orang tua akan beralih ke teknik pengasuhan anak lainnya seperti:



Orang tua baru yang memiliki anak atau lebih muda dan kurang berpengalaman lebih dipengaruhi oleh apa yang dianggap sebagai anggota kelompok (bisa menjadi keluarga besar, komunitas) adalah cara terbaik untuk mendidik anak -anak.


  • Usia orang tua
  • Orang tua muda cenderung lebih demokratis dan permisif jika dibandingkan dengan orang tua tua.
  • Pendidikan orang tua


Orang tua yang telah menerima pendidikan tinggi, dan mengikuti kurus dalam merawat anak -anak lebih banyak menggunakan teknik pengasuhan otoritatif dibandingkan dengan orang tua yang tidak mendapatkan pendidikan dan pelatihan dalam merawat anak -anak.


  • Jenis kelamin
  • Ibu umumnya memahami anak -anak dan mereka cenderung kurang otoriter jika dibandingkan dengan ayah.
  • Status sosial ekonomi


Orang tua dari kelas menengah dan rendah cenderung lebih keras, paksaan dan kurang toleran dibandingkan dengan orang tua dari kelas menengah dan di atas.


Konsep peran orang tua dewasa


Orang tua yang mempertahankan konsep tradisional cenderung lebih otoriter daripada orang tua yang mematuhi konsep modern.


Perangai


Pengasuhan yang diterapkan oleh orang tua akan sangat mempengaruhi temperamen anak. Anak -anak yang menarik dan dapat beradaptasi akan menjadi pengasuhan yang berbeda dibandingkan dengan anak -anak yang cerewet dan kaku.


Kemampuan anak


Orang tua akan membedakan perawatan yang diberikan anak -anak kepada anak -anak yang berbakat dengan anak -anak yang memiliki masalah dalam perkembangan mereka.


Pada dasarnya dan berlatih dalam masyarakat, tidak hanya menggunakan pengasuhan tunggal, pada kenyataannya ketiga pengasuhan digunakan secara bersamaan dalam mendidik, membimbing, dan mengarahkan anak -anak mereka.



Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+