Iklan Header

Kesempatan Kerja Lulusan Kuliah Sastra Indonesia

Garsel Net
Editor: Garutselatan.info Selasa, 17 Mei 2022, 16:06 WIB Last Updated 2022-05-17T09:06:52Z
Baca Juga

Kesempatan Kerja Lulusan Kuliah Sastra Indonesia- Jurusan Sastra Indonesia biasanya dipecah jadi program riset bahasa Indonesia serta sastra Indonesia. Umumnya sih jika program riset bahasa Indonesia lebih fokus pada pembelajaran bahasa serta sastra Indonesia, namun buat program riset sastra Indonesia lebih fokus buat menekuni sastra Indonesia.

Setelah lulus jadi apa ya


Walaupun fokus pada sastra Indonesia, tetapi di dalamnya pula terdapat mata kuliah yang bermuatan ilmu linguistik loh. Jadi anak sastra Indonesia juga mempunyai bekal ilmu linguistik yang bagus


Sehabis lulus dari program riset sastra Indonesia apakah hendak secara otomatis cuma mempunyai kesempatan kerja selaku sastrawan? Pasti tidak, terdapat banyak kesempatan kerja yang kalian miliki walaupun kalian lulus dengan predikan lulusan sastra Indonesia.


Kemudian apa saja sih kesempatan pekerjaan yang dipunyai lulusan sastra Indonesia sehabis menuntaskan riset mereka di akademi besar? Berikut merupakan 8 dari banyaknya kesempatan kerja yang dipunyai oleh lulusan sastra Indonesia, bisa jadi terdapat yang kalian minati.


1. Penulis Novel


Ya, semacam pemikiran orang lain kalau anak sastra Indonesia hendak jadi sastrawan. Kalian memanglah dapat jadi seseorang sastrawan sehabis jadi lulusan sastra Indonesia bila kalian mempunyai keahlian buat menciptkan karya sastra yang menarik untuk pembaca.


Salah satu karya sastra yang dapat kalian mengadakan merupakan novel. Dikala ini kesempatan kerja ini pula didukung oleh pertumbuhan terknologi loh. Terdapat banyak aplikasi yang sediakan tempat buat kalian dapat menulis saat sebelum nantinya kalian sanggup buat menerbitkannya.


2. Copy Writer


Pertumbuhan teknologi dikala ini lumayan menarik buat diiringi. Tidak cuma menarik saja, pertumbuhan teknologi dikala ini pula memperluas kesempatan kerjamu di banyak bidang, salah satunya selaku seseorang copy writer.


Dengan keahlian menulismu yang lumayan baik, tentu terdapat banyak industri advertising yang berminat buat merekrutmu selaku copy writer di industri mereka.


Selaku seseorang copy writer, kalian mempunyai tugas buat menulis naskah iklan buat industri. Nah, naskah iklan tersebut nantinya hendak ditayangkan di bermacam media salah satunya selaku ajang promosi.


3. Jurnalis


Kalian yang mempunyai jiwa jurnalis pula mempunyai kesempatan kerja selaku jurnalis loh dengan predikat seseorang lulusan sastra Indonesia. Pekerjaan selaku jurnalis ini memanglah cukup


diminati oleh banyak orang. Bisa jadi sebab pekerjaan ini dikira selaku pekerjaan yang keren.


Walaupun kalian bukan lulusan jurnalistik, kesempatan kerjamu selaku jurnalis senantiasa terdapat. Perihal itu sebab pekerjaan seseorang jurnalis memerlukan keahlian menulis semacam yang kalian miliki selaku lulusan sastra Indonesia.


4. Penyiar Radio


Kesempatan kerja berikutnya yang tidak kalah menarik merupakan selaku penyiar radio. Profesi ini sangat sesuai buat kalian yang tercantum jenis orang yang vokal ataupun banyak bicara. Keahlian berbahasa yang kalian miliki pula tentu hendak mendukung karirmu di bidang ini.


Bila dibanding dengan lulusan program riset yang lain, kalian mempunyai nilai plus buat pekerjaan yang satu ini. Asalkan kalian mempunyai keahlian yang lumayan mumpuni, kalian tentu hendak jadi penyiar radio yang hebat nantinya. Senantiasa belajar serta berupaya merupakan kuncinya.


5. Sutradara


Selaku seseorang lulusan sastra Indonesia, kalian juga mempunyai kesempatan kerja selaku sutradara loh. Kalian dapat bergabung dalam suatu proyek penciptaan. Di situ keahlian seseorang lulusan sastra Indonesia tentu sangatlah diperlukan.


Terlebih lagi bila sejak berstatus selaku mahasiswa kalian telah terbiasa jadi sutradara dalam suatu pementasan drama. Pengalamanmu itu hendak jadi nilai tambah kala kalian berupaya terjun di dunia perfilman selaku seseorang sutradara.


6. Karyawan di Lembaga Budaya


Buat kalian lulusan sastra Indonesia namun tidak sangat berminat di dunia kepenulisan, kalian dapat berupaya kesempatan kerja selaku karyawan di lembaga budaya. Latar belakangmu selaku lulusan sastra Indonesia tentu lumayan menarik buat direkrut oleh bermacam lembaga budaya?


Loh, kok dapat? Pasti saja sebab kalian mempunyai keahlian bahasa yang lumayan baik ditambah dengan pengetahuan budaya yang kalian miliki kala menempuh pembelajaran di akademi besar.


7. Kritikus Sastra


Selaku lulusan sastra Indonesia, tentu kalian telah tidak asing dengan sebutan kritikus sastra, kan? Nah, sehabis kalian lulus, kalian juga dapat mempunyai kesempatan selaku seseorang kritikus sastra loh.


Buat jadi seseorang kritikus sastra tidaklah perihal yang gampang. Kalian wajib mempunyai ilmu yang lumayan buat dapat mengkritik suatu karya sastra. Terus menjadi banyak ilmu yang kalian miliki, terus menjadi bagus pula hasil kritikan yang terlahir dari pemikiranmu.


Pengetahuan yang kalian miliki kala menempuh pembelajaran di akademi besar sangat bermanfaat kala kalian memutuskan terjun di dunia kerja selaku kritikus sastra. Pekerjaan ini pula lumayan banyak diminati oleh para lulusan sastra Indonesia.


8. Editor ataupun Penyunting


Dikala ini terdapat banyak sekali industri penerbitan. Nah, pasti saja mereka memerlukan seseorang editor andal di dalamnya buat menyunting tiap novel yang hendak diterbitkan.


Tidak cuma industri penerbitan saja yang memerlukan jasa seseorang editor, namun pula terdapat banyak media semacam web yang memerlukan seseorang editor buat bergabung dalam bisnis mereka. Pasti saja ini kesempatan yang sangat bagus buat kalian lulusan sastra Indonesia.


Dengan keahlian yang kalian miliki, tentu kalian dapat lebih gampang buat memperoleh posisi selaku editor. Kalian dapat memanfaat ilmu yang kalian miliki kala masih menempuh pembelajaran di akademi besar. 



Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+