Iklan Header

Waspadalah Terhadap Joki Pinjol, Pahami Bagaimana Menghindarinya

Garsel Net
Editor: Garutselatan.info Kamis, 12 Mei 2022, 12:38 WIB Last Updated 2022-05-12T05:39:10Z
Baca Juga
Waspadalah Terhadap Joki Pinjol, Pahami Bagaimana Menghindarinya - Saat ini, banyak joki pinjaman (pinjaman online) yang gerakannya tersebar di berbagai forum media sosial di Indonesia. Joki pinjaman online biasanya banyak digunakan oleh orang -orang yang tidak dapat mengajukan pinjaman online karena mereka masih memiliki pinjaman yang belum dilunasi.

joki pinjol



Namun, mungkin tidak banyak orang yang tahu bahwa ada bahaya yang mengintai saat menggunakan layanan joki pinjaman online. Cari tahu lebih lanjut tentang apa itu layanan lean jockey dan bagaimana menghindarinya.


Apa itu joki pinjaman dan cara kerjanya


Sama seperti jenis layanan joki lainnya, Lean Jockey menyediakan layanan untuk memenuhi pekerjaan dari penggunanya. Dalam hal ini, dapat ditafsirkan bahwa layanan joki menawarkan bantuan kepada publik untuk mengajukan pinjaman online.


Secara umum, pemilik layanan menawarkan layanan joki pinjaman online melalui media sosial, SMS, atau pesan WhatsApp secara acak dengan tujuan orang yang membutuhkan dana, terutama memiliki hutang dalam pinjaman online resmi yang belum dilunasi dengan penawaran yang diberikan. Faktanya, dilaporkan, joki bisa mendapatkan dana pinjaman hingga Rp 20.000,00,- hingga Rp 35.000.000,- jika Anda memiliki keahlian yang tinggi.


Jika korban tergoda oleh iming -iming joki, joki akan bertindak dengan mendaftarkan korban penyedia pinjaman online ilegal yang umumnya tidak memiliki catatan kredit korban. Tindakan itu dilakukan sehingga para korban yang masih memiliki tagihan dalam pinjaman resmi apa pun bisa mendapatkan dana pinjaman melalui layanan joki pinjaman online.


Selain itu, aplikasi pinjaman yang dibuat oleh joki dapat dilakukan dengan menggunakan identitas para korban atau identitas orang lain yang diperoleh melalui pencurian data.



Risiko menggunakan layanan joki pinjaman


Di belakang godaan yang terlihat menggoda, layanan joki memiliki risiko berikut.


1. Upah layanan joki relatif mahal


Tidak ada tarif yang tepat yang ditetapkan oleh joki pinjaman, tetapi berdasarkan informasi yang diperoleh dari berbagai forum di media sosial, tarif termurah dimulai dari RP. 300.000, atau 10% dari total pencairan dana yang diminta oleh penggunanya.

Tetapi perlu diingat bahwa biaya yang dikeluarkan tidak hanya upah untuk joki tetapi ada juga biaya kerugian yang harus ditanggung jika ada kesalahan atas nama pengguna joki.


2. Risiko pencurian data


Dengan menyetujui penggunaan layanan lean jockey, pengguna joki diharuskan memberikan data kepada dirinya sendiri kepada joki untuk memproses dana. Sementara itu, joki tidak memiliki kode etik untuk menjaga keamanan penggunanya. Jelas, ini bukan tindakan yang bertanggung jawab karena data pengguna yang diterima dapat digunakan untuk tujuan lain tanpa izin pemilik.


3. Rentan untuk menyebarkan data


Sehubungan dengan risiko kedua, diseminasi data dapat terjadi karena aktor joki dapat memperoleh data pengguna dengan mudah. Di masa depan, jika pengguna gagal melunasi pinjaman dari pinjaman joki melalui pinjaman online ilegal, ada kemungkinan bahwa data pengguna akan didistribusikan sebagai hasil dari tidak membayar pinjaman online ilegal. Tentu saja, joki tidak ingin bertanggung jawab atas penyebaran data. Jika demikian, korban akan merasakan kerugian di masa depan.



Bagaimana menghindari joki pinjaman
Agar tidak terjebak dalam iming -iming pinjaman online, lakukan tips berikut.


1. Gunakan pinjaman online resmi


Jika teman pintar Anda ingin mengajukan pinjaman online, pilih pinjaman resmi dan terdaftar di OJK. Untuk mendapatkan daftar pinjaman online resmi di Indonesia, teman -teman pintar dapat menghubungi OJK melalui WhatsApp dengan nomor 081157157157.


2. Isi kewajiban sebagai peminjam


Saat mengajukan pinjaman, peminjam harus menyadari kewajibannya untuk membayar tagihan tepat waktu sehingga pinjaman tidak menjadi lebih besar.





Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+