Iklan Header

3 Keutamaan Istimewa Puasa Dzulhijjah

Garsel Net
Editor: Garutselatan.info Rabu, 29 Juni 2022, 16:47 WIB Last Updated 2022-06-29T11:52:18Z
Baca Juga

3 Keutamaan Istimewa Puasa Dzulhijjah - Puasa Dzulhijjah merupakan puasa 10 hari sebelum Hari Raya Idul Adha. Waktu pelaksanaan puasa sunnah ini sendiri jatuh pada tanggal 1-9 Dzulhijjah 1443 H. Di tahun 2022 ini, bulan Dzulhijjah dimulai pada tanggal 30 Juni. Khusus tanggal delapan, dinamakan puasa Tarwiyah dan tanggal sembilan dinamakan puasa Arafah.

3 Keutamaan Istimewa Puasa Dzulhijjah
bulan dzulhijjah


Bagi seseorang khususnya yang memiliki utang puasa Ramadhan karena haid, diperbolehkan untuk mengqadhanya bersamaan puasa sunnah Dzulhijjah.


Sebagai salah satu bulan yang dimuliakan (asyhur al-hurum), bulan Dzulhijjah ini diketahui memiliki beragam keutamaan dibanding bulan-bulan lainnya.


Lalu, apa keutamaan dari Puasa Dzulhijjah? Simak informasi selengkapnya berikut ini.


1. Menghapus Dosa


Berpuasa pada tanggal 9 Dzulhijjah (hari Arafah) disebut dapat menghapus dosa selama dua tahun. 


Artikel Terkait : Puasa Dzulhijjah 2022 Jatuh Tepat Pada Tanggal? Lengkap Dengan Bacaan Niat Puasa

25 Link Twibbon Hari Raya Idul Adha 1443 H Keren, Islamic, Elegant 


Sesuai dengan sabda Rasulullah, yang artinya:

“Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyura (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu” (HR Muslim).

Menurut kebanyakan ulama, dosa-dosa yang dihapus dari pelaksanaan puasa Arafah adalah dosa kecil.


2. Pahala Berlipat Ganda

Pahala ibadah puasa pada sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah akan membuatmu menerima pahala yang berlipat ganda dibanding ibadah di bulan-bulan lainnya.


Rasulullah SAW bersabda yang artinya:


“Tidak ada hari-hari yang lebih Allah sukai untuk beribadah selain sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah, satu hari berpuasa di dalamnya setara dengan satu tahun berpuasa, satu malam mendirikan shalat malam setara dengan shalat pada malam Lailatul Qadar” (HR At-Trmidzi).


Maksudnya, pahala satu tahun puasa pada hadits diatas adalah satu tahun dalam melaksanakan puasa sunnah, bukan puasa Ramadhan.


3. Terbebas dari Api Neraka


Keutamaan hari Arafah lainnya adalah Allah lebih banyak membebaskan  hamba-Nya dari api neraka pada hari ini dibanding hari-hari lainnya. 


Rasulullah pernah bersabda:

"Tidak ada hari dimana Allah membebaskan hamba dari neraka lebih banyak daripada Hari Arafah, dan sungguh Dia mendekat lalu membanggakan mereka di depan para Malaikat dan berkata: ‘Apa yang mereka inginkan?" (HR Muslim).





Ikuti Saluran WhatsApp Kami Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+