• Jelajahi

    Copyright © 2019- Garut Selatan Net
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan Header

    Ketahuilah Ombak Yang Bahaya Saat Berenang Dipantai Juga Cara Menyelamatkan Diri

    Admin One
    Editor: Garutselatan.info Selasa, 06 April 2021, 23:32 WIB Last Updated 2021-04-06T16:33:44Z
    Baca Juga

    Ketahuilah Ombak Yang Bahaya Saat Berenang Dipantai - Pantai dengan ombak yang tenang memang sangat menggoda kita untuk menceburkan diri. Namun hati-hati, jangan-jangan ombak tenang itu justru arus ganas yang akan menyeret kita ke laut.





    Seperti kejadian di Pantai Panama City, Florida, pekan ini. Delapan orang terseret arus ke tengah laut. Beruntung semuanya selamat setelah puluhan orang membentuk rantai manusia, membawa mereka kembali ke daratan.  



    Kejadian ini juga banyak terjadi di Indonesia, seseorang terseret ombak dan hilang di tengah laut. Mitos lantas bermunculan, mulai dari ditarik "penunggu laut" hingga kemarahan Nyi Roro Kidul. Namun ternyata fenomena ini bukan barang mistis, melainkan sangat ilmiah.

    Kebanyakan korban terseret ombak karena mereka berenang di arus balik cepat yang dikenal dengan nama rip current. 



    Rip current adalah jalur aliran air sempit dengan luas sekitar 9 meter. Ciri-cirinya adalah arusnya terlihat sangat tenang, padahal air di kanan-kirinya berombak kencang. 

    Barangkali rip current ini adalah asal mula peribahasa "air tenang menghanyutkan". Walau tenang, arus balik rip current ke laut sangat cepat, mencapai 8 km/jam, setara atau lebih cepat dibanding atlet renang Olimpiade Michael Phelps. 



    Karena terlihat tenang, maka seakan ombak itu aman. Banyak wisatawan yang kemudian bermain di dalamnya. 

    Mereka baru sadar dalam bahaya ketika tiba-tiba terseret ke tengah laut. Panjang aliran rip current bisa mencapai 700 meter. Mereka yang terseret sulit berenang ke tepian karena terus tertarik arus deras, hingga akhirnya kelelahan dan tenggelam.



    Menurut Badan Kelautan Amerika Serikat, NOAA, rip current ini menewaskan 150 orang setiap tahun di negara itu. Di Florida, fenomena ini membunuh lebih banyak orang per tahunnya ketimbang bencana badai, topan, dan tornado jadi satu.

    Fenomena rip current ini adalah anomali alam yang terjadi karena tiupan angin yang terpusat pada satu garis. Jika menabrak pantai karang, maka rip current akan pecah. Namun jika ke pantai berpasir, maka akan terjadi daya tarik balik yang cepat.




    Menyelamatkan diri dari rip current



    Menurut Badan Cuaca Amerika Serikat (NWS) satu-satunya cara menyelamatkan diri dari rip current adalah dengan tidak berenang melawan ombak ke pantai. Berenang percuma, karena akan tertarik kembali ke tengah laut, membuat lelah.

    Tetaplah tenang dan mengapung hingga berakhir di bagian ujung rip current, ditandai dengan tubuh yang tidak lagi terbawa arus. 



    Jika sudah mencapai ujung rip current, berenanglah keluar dari aliran ombak berbahaya itu, bisa ke kiri atau ke kanan. Setelah keluar, berenanglah ke pantai atau melambai meminta bantuan penjaga pantai.

    Berikut ilustrasi cara menyelamatkan diri dari rip current seperti yang dikutip dari Institut Penyelamatan Laut (NSRI) Afrika Selatan:




    Ikuti Saluran WhatsApp Kami Garutselatan.info Lainnya di Google News

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini

    Game

    +