Header Menu

Aplikasi e-Rencana Kegiatan Dan Anggaran Sekolah v1.29 Kemdikbud

GARUTSELATAN.INFO - Manajemen keuangan merupakan salah satu substansi manajamen sekolah yang akan turut menentukan berjalannya kegiatan pendidikan di sekolah.


Dalam penyusunan RKAS, Kepala Sekolah dan Tim Manajemen BOS sekolah harus memperhatikan ketentuan-ketentuan dari masing-masing sumber dana yang ada. Sangat dimungkinkan suatu program dibiayai dengan subsidi silang dari berbagai pos atau sumber dana. 

Program-program yang memerlukan bantuan dari pusat harus di alokasikan sumber dana dari pusat dengan sharing antara kepala sekolah dan komite sekolah. Misalnya untuk pembangunan ruang komputer, laboratorium baru, gedung perpustakaan, dan sebagainya. Sedangkan yang berupa program rehab besar dana lebih diprioritaskan dari provinsi dan pusat. 

Perencanaan program BOS meliputi dua kegiatan utama yang dilakukan oleh kepala sekolah bersama Tim Manajemen BOS sekolah yaitu mengidentifikasi kebutuhan sekolah dan menyusun Rencana Anggaran Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS).

Aplikasi RKAS (Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah) merupakan sebuah sistem informasi yang dibuat untuk menangani masalah manajemen keuangan sekolah mulai dari proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, pengawasan atau pengendalian. 

Dengan sistem ini diharapkan berbagai pihak yang terlibat di dalamnya mampu berkoordinasi dengan baik. Apabila ingin mengunduh aplikasi e-RKAS v1.29 Kemdikbud silahkan Copy Paste link berikut di tab baru chrome bapak/ibu http://rkas.dikdasmen.kemdikbud.go.id/download dan untuk aplikasi RKAS manual bisa melalui link https://www.gurumayor.web.id/2019/05/rencana-kerja-dan-anggaran-sekolah-rkas.html.  

Pencapaian output terakhir yang diberikan sistem informasi ini yaitu pelaporan, dimana setiap report yang di hasilkan sudah menyesuaikan dengan format yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Berita Menarik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel 3