Header Menu

Pengertian E-Commerce, Jenis, dan Komponen E-commerce

GARUTSELATAN.INFO - E-Commerce adalah aktivitas penyebaran seperti penjualan, pemasaran barang atau produk, pembelian dengan memanfaatkan sebuah jaringan telekomunikasi seperti internet dan jaringan komputer sebagai perantaranya.
Pengertian E-Commerce
Pengertian E-Commerce

E-Commerce juga dapat diartikan secara rinci sebagai aktivitas penggunaan teknologi informasi dan komunikasi pengolahan digital dalam melakukan transaksi bisnis untuk menciptakan dan kembali melakukan hubungan transaksi antara penjual dengan pembeli.

Tidak hanya itu juga E-Commerce merupakan transaksi jual beli barang, mengirim dana yang menggunakan bantuan alat elektronik yang terhubung dengan sebauah jaringan internet.

Pengertian E-Commerce menurut para ahli


Adapun beberapa ahli menjelaskan dan memberikan definisi tentang E-Commerce dan dampaknya bagi kehidupan masyarakat. Berikut pendapat dari beberapa ahli:

1# Kalakota dan Whinston (1997)

E-Commerce merupakan aktivitas belanja online dengan menggunakan jaringan internet serta cara transaksinya melalui transfer uang secara digital.

Kedua para ahli ini meninjau pengertian tersebut dari 4 perspektif yakni:

Perspektif komunikasi-> E-Commerce merupakan sebuah proses pengiriman barang, layanan, informasi atau pembayaran dengan melalui jaringan komputer ataupun perangkat elektronik lainnya.

Proses Bisnis-> E-Commerce adalah aplikasi dari sebuah teknologi menuju otomatisasi dari transaksi bisnis dan aliran kerja.

Layanan -> E-Commerce adalah alat yang dapat memenuhi keinginan perusahan, manajemen, dan konsumen untuk mengurangi biaya layanan ketika meningkatkan kualitas barang dan meningkatkan kecepatan layanan pengiriman.

Online -> E-Commerce adalah menyediakan kemudahan untuk menjual dan membeli produk serta informasi melalui layanan internet maupun sarana online yang lainnya.

2# Laudon

Pengertian E-Commerce merupakan sebuah proses transaksi yang dilakukan oleh pembeli dan penjual dalam membeli dan menjual berbagai produk secara elektronik dari perusahaan ke perusahaan/ konsumen lainnya dengan menggunakan komputer sebagai perantara transaksi bisnis yang dilakukan.

3# Vermaat

E-Commerce adalah transaksi bisnis yang terjadi dalam jaringan elektonik seperti internet sehingga siapapun yang memiliki jaringan internet dapat berpartisipasi delam kegiatan E-Commerce.

4# Jony Wong

E-Commerce merupakan pembelian, penjualan dan pemasaran barang serta jasa melalui sistem elektronik.

Itulah 4 pendapat tentang definisi E-Commerce menurut para ahli.

Jenis-Jenis E-Commerce


Ada beberapa jenis E-Commerce yang perlu diketahui karena yang namanya E-Commerce hubungannya sangat luas dan tidak terbatas. Berikut jenis-jenis E-Commerce

1# E-Commerce B2B (Business to Business)

E-Commerce B2B ini dilakukan oleh dua belah pihak yang sama memiliki kepentingan bisnis dan dua belah pihak tersebut mengerti dan mengetahui tentang bisnis yang dijalankan tersebut.
Proses E-Commerce ini dapat dilakukan secara sederhana karena kebutuhan antara dua belah pihak tersebut sama-sama memerlukan barangsehingga E-Commerce B2B ini yakni produsen dan suplier yang saling bertransaksi secara online baik untuk konsultasi kebutuhan barang sampai dengan proses pembayaran.

2# E-Commerce B2C ( Business to Consumer )

E-Commerce B2C ini dilakukan oleh pelaku bisnis dan konsumen dan aktivitas ini sama seperti jual beli biasanya. Sehingga konsumen bisa melakukan transaksi pembelian secara online dan konsumen juga bisa mendapatkan penawaran berbagai produk dari perusahaan.

3# E-Commerce C2C (Consumen to Consumen)

E-Commerce ini dapat dilakukan oleh palaku transaksi antara konsumen ke konsumen. E-Commerce C2C ini sering kita jumpai bahkan hampir semua para penjual dan pembeli melakukan transaksi tersebut dan memanfaatkan tempat yang ada salah satu Contoh E-Commerce C2C ini adalah Tokopedia, OLX dan yang lainnya. Sehingga C2C tersebut merupakan perantara antara penjual dan pembeli secara online melalui sarana marketplace.

4# E-Commerce C2B ( Consumen to Business )

E-Commerce C2B ini dapat dilakukan transaksi jual beli yang mana konsumen terakhir bertindak sebagai penjual dan perusahaan bertindak sebagai pembeli.

5# Media E-Commerce

Media E-Commerce ini harus dilakukan dengan baik karena transaksi bisnis ini tergantung pada jumlah media online atau aplikasi yang memberikan dampak postif bagi semua pihak yang terlibat dan juga bisa membantu pembeli. Contoh media yang digunakan dalam proses pemasaran adalah email, katalog, EDI dan yang lainnya.

Komponen E-Commerce


Ada beberapa komponen E-Commerce yang mendukung sarana proses operasionalnya diantaranya:

1# Produk 

E-Commerce mendukung penjualan berbagai jenis prosuk mulai dari produk fisik sampai dengan produk digital. Produk tersebut sangat berperan penting dalam proses penjualan sebagai bisnis E-Commerce.

2# Place

E-Commerce dilakukan di media online dengan sarana internet maka dibutuhkanlah tempat/place sebagai penunjang penjualan produk salah satunya membuat website maka diperlukanlah berbagai kebutuhan.

3# Cara Menerima pesanan 

Dalam hal E-Commerce maka diperlukanlah salah satu cara respon dari perusahan atau dengan menerima pesanan maka harus memanfaatkan berbagai media seperti email, telephone, sma dan yang lainnya.

4# Metode Pembayaran

Dalam E-Commerce tentunya komponen pembayaran dapat dilakukan dengan berbagai metode dan pada umumnya menggunakan tranfer berbagai bentuk dengan uang, via ATM Kartu kredit, e-payment dan yang lainnya tergantung sebuah perusahaan yang menyediakan layanan pembayarannya.

5# Metode pengiriman

Cara melakukan pengiriman barang E-Commerce yang sudah dipesan oleh konsumen ada beberapa metode pengiriman bisa dengan JNE, POS, Tiki dan yang lainnya, sehingga hal tersebut dapat memberikan manfaat dan berbagai kemudahan baik penjual dan pembeli.

6# Customer Service

Customer Service adalah komponen yang sangat penting dalam hal dunia E-Commerce, aktivitas tersebut bisanya dilakukan melalui berbagai media seperti email, chatting, dan media sosial.

Dengan berkembangnya E-Commerce maka segala bentuk penjualan dan berbagai bisni secara online maka akan mendapatkan keuntungan yang sangat besar bagi kedua belah pihak seperti konsumen bisa mudah mendapatkan barang yang diinginkan tanpa harus pergi ke tempat jualan atau pasar, begitu pula penjual akan merasa beruntung akan mendapatkan banyak konsumen yang membtuhkan berbagai produk.

Itulah pengertian e-commerce, jenis dan komponen-komponen e-commerce

Related Search:
  • #Pengertian E-commerce
  • #Jenis-jenis E-Commerce
  • #Komponen E-Commerce
  • #Apa itu E-Commerce
  • #Definisi E-Commerce menurut para ahli

Berita Menarik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel 3