Header Menu

Wisata Alam : Curug Citiis, Tarogong Kaler - Garut

GARUTSELATAN.INFO - Curug Citiis terletak di Desa Pasawahan Kecamatan Tarogong Kaler Kabupaten Garut Provinsi Jawa Barat (44151), Indonesia.

Curug Citiis Garut [Foto : Istimewa]

Nama Curug Citiis sendiri memiliki arti air dingin, demikian penuturan warga sekitar yang berada disana. Selain airnya dingin, segar, dan juga keindahan tempat ini, pengunjung tempat ini juga memiliki alasan lain karena lokasi Curug Citiis berada pada salah satu rute pendakian favorite Gunung Guntur.

Curug Citiis sendiri kondisinya tidak terlalu besar dan aman bagi yang suka bermain air disana bahkan kita bisa berdiri dibawah air terjun karena cukup dangkal. Ketinggian Curug Citiis sekitar 12 meter, air yang mengalir ke Curug Citiis berasal dari beberapa mata air kecil yang tergabung menjadi sebuah sungai kecil yang airnya mengalir ke perkampungan warga yang dimanfaatkan sebagai sumber mata air untuk memenuhi kebutuhan/keperluan sehari-hari.

Meskipun fasilitas pendukung belum memadai namun udara sejuk, suasana sunyi dan tenang, pemandangan hijau yang masih asri ini merupakan fasilitas terbaik dari alam yang dapat kamu nikmati jika kalian berkunjung ke tempat ini.

# Sejarah Curug Citiis

Tak hanya keindahannya saja yang menarik untuk diketahui ada sejarah atau cerita yang melekat sampai saat ini ditelinga masyarakat. Menurut penduduk setempat lokasi Curug memang sedikit angker dengan cerita mistisnya.

Konon dulunya lokasi curug sering digunakan sebagai tempat bertemunya raja-raja besar di bumi pasundan. Para raja sengaja memilih lokasi ini karena tempatnya yang terpencil dan sulit ditemukan, Wallahu a'lam.

Namun ada cerita lain yang berbeda, Curug ini sering digunakan sebagai tempat pembuangan bayi-bayi hasil aborsi oleh para dukun beranak. Sehingga tidak heran jika para pengunjung yang datang ke Curug Citiis Garut mendengar suara bayi, Wallahu a'lam.

# Hunting Foto dan Video

Bagi kalian yang hoby foto dan video lokasi ini cukup menarik tak hanya dilokasi curug saja melainkan sepanjang jalan menuju lokasi tersebut juga patut anda dokumentasikan. 

# Rute Lokasi

Untuk menuju lokasi cukup mudah jika anda membawa kendaraan pribadi langsung saja menuju lokasi Kampung Citiis, setelah sampai disana kendaraan langsung di parkir lanjut berjalan kaki sekitar 2 kilometer. Setelah sampai kalian akan disuguhi pemandangan indah dan sekaligus dapat melakukan aktifitas lainnya seperti tracking, hiking, camping hingga fotografi dan video shooting.

# Harga Tiket

Sebagai salah satu wisata yang belum mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah maka sampai saat ini belum dikenakan tiket alias gratis. Pengunjung bisa datang kapan saja karena tidak ada batasan jam operasional, hanya saran saja sebaiknya berkunjung selagi matahari bersinar demikian pilihan yang tepat.

Berita Menarik

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel 3