Iklan

Penting! Inilah Kriteria Memilih Jodoh Menurut Islam

Redaksi Garsel
Selasa, 31 Desember 2019, 10:13 WIB Last Updated 2019-12-31T03:13:51Z
GARUTSELATAN.INFO - Dalam kehidupan Memilih seseorang unutk menjadi pendamping yang sesuai dengan kriteria memang tidak mudah. Banyak hal yang dipertimbangkan untuk menentukan siapa orang yang tepat menemani sepanjang hidup tersebut.

Dalam Agama Islam mengatur seluruh aspek kehidupan termasuk urusan jodoh. Menurut hadits Nabi Muhammad SAW, setidaknya ada  4 kriteria ketika seseorang ingin mencari pendamping hidup. Apa saja kriteria tersebut? Berikut ringkasannya.

Rasulullah SAW bersabda yang artinya:” Perempuan dinikahi karena empat faktor. Karena hartanya, nasabnya, kecantikannya, dan karena agamanya. Maka menangkanlah wanita yang mempunyai agama, engkau akan beruntung.”(H.R Bukhari, Muslim, Al-Nasa’I, Abu Dawud Ibn Majah Ahmad ibn Hambal, dan al darimi dalam kitabnya dari sahabat Abu Hurairah Ra).

Berikut Penjelasannya

1. Pilihlah jodoh karena hartanya

Rasulullah menganjurkan agar memilih pasangan hidup yang setara dalam agama dan status sosialnya , karena ini dapat menjadi faktor kelanggengan rumah tangga.

2.Pilihlah jodoh karena keturunannya

Seorang laki-laki dan wanita juga dianjurkan untuk meminang dan menerima pinangan denagn terlebih dahulu mengetahui tentang nasabnya. Pasalnya, keluarga berperan besar dalam mempengaruhi ilmu,akhlak,dan keimanan seseorang.

3.Enak dipandang karena kecantikan atau ketampanannya

Tidak bisa dipungkiri jika faktor fisik juga mejadi salah satu kriteria ketika memilih pasangan. Hal ini juga diperbolehkan rasulullah karena menjadi penunjang kehidupan keluarga sejalan dengan tujuan pernikahan yaitu untuk menciptakan ketentraman dalam hati.

4.Pilihlah jodoh yang baik agamanya

Dalam memilih pasangan yakni kriteria ini adalah hal yang paling penting yakni taat kepada Allah dan Rasulnya.
Baca Juga: Berhentilah Mencari Seseorang yang Sempurna untuk Dicintai
Agama dijadikan kriteria utama karena orang yang baik agamanya pasti memiliki  tingkat ketaqwaan yang tinggi sehingga akan membawa keluarga yang taat pada aturan Allah dan Rasulnya.

Pada zaman Nabi hal ini pernah terjadi, dimana Zaid Bin Haritsah dinikahkan dengan Zainab Binti Jahsy, wanita terpandang cantik . hasilnya pernikahan meraka pun tidak berlangsung lama. Namun dari keempat kriteria ini faktor agamalah yang seharusnya didahulukan. Wallahu a’lam bishawab.

Komentar

Tampilkan

Terkini

Wisata Jabar

+