Iklan

Sunah-Sunah Selama Melaksanakan Puasa

Garut Selatan
Jumat, 01 Mei 2020, 07:07 WIB Last Updated 2020-05-01T00:15:08Z
GARUTSELATAN.INFO - Berikut Sunah-sunah selama melaksanakan puasa yang perlu kalian ketahui diantaranya Segera Berbuka dan Akhirkan Sahur, Meninggalkan Perkataan dan Perbuatan Tercela, dan Memberi Takjil Buka Puasa pada orang yang sedang melaksanakan Puasa.



Segera Berbuka dan Akhirkan Sahur, Rasulullah SAW bersabda: “Umatku selalu dalam kebaikan selama bergegas dalam berbuka puasa dan mengakhirkan sahur” (HR Ahmad No 21350 dari Abu Dzar).

Kapan yang dimaksud mengakhirkan Sahur? 

Dijelaskan dalam hadits berikut: Nabi SAW dan Zaid bin Tsabit dan sahur bersama. Ketika selesai Nabi SAW berdiri salat. Berapa jarak selesainya sahur dan masuk salat? Yaitu perkiraan orang membaca 50 ayat (HR al-Bukhari).

Dari hadits inilah menunjukkan bahwa dianjurkan masa jeda antara Sahur dan Subuh sekitar 10 menit. Di Indonesia masa jeda ini dikenal dengan istilah Imsak dan diumumkan di masjid dan mushalla, agar umat Islam lebih berhati-hati mengehentikan aktifisat makan-minumnya sebelum Adzan Subuh.

Rekomendasi Penting :


Meninggalkan Perkataan dan Perbuatan Tercela, Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa tidak meninggalkan perkataan buruk dan mengamalkannya, maka tidak butuh bagi Allah l orang tersebut meninggalkan makanan dan minuman” (HR Ahmad, al-Bukhari, Abu Dawud, Turmudzi, Ibnu Majah dari Abu Hurairah).

Memberi Takjil Buka Puasa, Zaid bin Khalid Al-Juhani berkata bahwa Nabi SAW bersabda: “Barangsiapa memberi buka puasa bagi orang puasa, maka ia mendapatkan seperti pahala orang yang berbuasa, tanpa mengurangi pahala orang yang puasa sedikitpun” (HR Tirmidz).
Komentar

Tampilkan

Terkini

Wisata Jabar

+