-->

Iklan

Pembuktian "Autentikasi" Akun Pengguna Aplikasi Dapodik Versi 2021

Garut Selatan
Rabu, 22 Juli 2020, 09:59 WIB Last Updated 2020-07-22T03:02:36Z
Pembuktian "Autentikasi" Akun Pengguna Aplikasi Dapodik Versi 2021 - Aplikasi Installer Dapodik Versi 2021 telah rilis beberapa hari lalu dengan beberapa perubahan, salah satu diantaranya tentang cleansing akun pengguna Dapodik.

Pembuktian "Autentikasi" Akun Pengguna Aplikasi Dapodik Versi 2021

Autentikasi adalah suatu proses atau merupakan sebuah tindakan pembuktian (Validasi) terhadap identitas seseorang pengguna pada saat akan memasuki (mengakses) sebuah sistem. Dimana proses validasi tersebut biasanya menggunakan usser/nama dan password dari seseorang pengguna yang nantinya akan dijadikan sebagai penanda.

Bagi sekolah di wilayah Kabupaten Garut yang akun Dapodiknya terkena Cleansing (Delete) harap registrasi ulang. Setelah koordinasi dengan Admin Dinas Kabupaten, silahkan bisa menghubungi lewat WA untuk melakukan registrasi ulang dengan ketentuan sebagai berikut :

1. Kirimkan surat tugas operator terbaru 
2. Ketikan dengan format :

  • NPSN
  • Nama Sekolah
  • Nama Operator
  • E-mail
  • Nomor Handphone, dan 
  • Password.

3. E-mail aktif khusus untuk dapodik, jika e-mail dapodik pernah digunakan oleh PTK atau lain-lain diharapkan mengganti e-mailnya.
4. Sampaikan ke Admin KK Datadik Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.

Bagi pengguna yang tidak terkena  Cleansing bisa coba buka link https://sp.datadik.kemdikbud.go.id dan Login menggunakan User dan Passwod Operator Sekolah saat menggunakan Dapodik 2020, apabila bisa Login lakukan : 

Pilih/klik Daftar Akun dan Jenis Akun pilih Admin, kemudian klik Tampilkan Nanti akan terlihat beberapa nama email Operator Sekolah kalau emailnya sering ganti-ganti, disinilah seorang OPS memilih email mana yang benar-benar dipakai dan klik gambar pensil untuk Update (isi passwod).

Rekomendasi Penting :



Setelah berhasil update, lakukan log out. Kemudian log in kembali maka akan ada pemberitahuan VERIFIKASI AKUN dengan langkah sebagai berikut :

1. Klik tombol warna biru 'Verifikasi'.


2. Buka e-mail masuk maka akan ada pemberitahuan Kode Verifikasi.


3. Silahkan Copy Paste Kode tersebut pada isian kode verifikasi klik 'Lanjutkan'.


4. Cek akun : Pilih/klik Daftar Akun dan Jenis Akun pilih Admin, kemudian klik Tampilkan, maka Akun Pengguna sebagai OPS pada Verifikasi Akun 'Sudah'.


5. Ikuti langkah seperti diatas untuk akun PTK.

***E-mail PTK harus aktif agar bisa menerima pesan masuk saat melakukan "Autentikasi".

Demikian informasi tentang Pembuktian "Autentikasi" Akun Pengguna Aplikasi Dapodik Versi 2021, mudah-mudahan bermanfaat, salam satu data dan terima kasih telah berkunjung.

Komentar

Tampilkan

Terkini

Wisata Jabar

+