Iklan

Keindahan Leuwi Kanjeng Daleum, Wisata Air Baru di Garut Selatan

Garut Selatan
Kamis, 24 September 2020, 21:26 WIB Last Updated 2020-09-24T14:31:26Z
Baca Juga

Kabar baik nih bagi kalian yang suka dengan tantangan untuk menguji adrenalin sekaligus pecinta keindahan alam terbuka yang eksotis. Kini ada wisata air yang bisa kalian kunjungi berada di wilayah Garut Selatan.


Leuwi Kanjeng Daleum [Disparbud Garut]


Berada diantara perbatasan Kecamatan Cibalong dan Kecamatan Cisompet atau tepatnya di Desa Mekarmukti Kecamatan Cibalong Kabupaten Garut-Jawa Barat. Leuwi Kanjeng Daleum ini merupakan aliran sungai Cisanggiri yang jernih dan deras dilengkapi dengan pemandangan alam yang begitu asri menjadikan tempat ini begitu istimewa bagi pecinta arung jeram.

Tempat ini memang belum terekspos karena terkendala infrastuktur jalan yang jelek, Pemerintah Kabupaten Garut berencana akan membangun jalan baru untuk menuju ke lokasi bersama satu jembatan yang panjangnya 16 meter. Mudah-mudahan pada akhir tahun 2021 tempat ini sudah bisa dinikmati oleh seluruh wisatawan lokal bahkan mancanegara.

Konon penamaan 'Leuwi Kanjeng Daleum' merupakan sebutan sekaligus penghargaan masyarakat sekitar atas mimpi seorang abdi dalem Kerajaan Padjajaran. Wisata alam Leuwi Kanjeng Daleum merupakan anugerah buat potensi wisata Garut, yang sudah dikenal lama akan eksotisme alamnya.

Arungi aliran sungai Leuwi Kanjeng Daleum [Disparbud Garut]


Bagi pengunjung yang datang ke Leuwi Kanjeng Daleum bisa menikmati arung jeram menggunakan perahu karet sambil menikmati panorama alam bebatuan dipinggir arus sungai yang dilalui dan bukan hanya itu, pengunjung nantinya akan disuguhi hasil pertanian berupa sayur-mayur dan buah-buahan segar yang dapat dipetik langsung dari pohonnya.

Wisata air Leuwi Kanjeng Daleum masih satu rangkaian dengan wisata Leuwi Tonjong di Kecamatan Cihurip yang berhasil meraih penghargaan Juara II nasional pada 2018 lalu, untuk kategori "Surga Tersembunyi" dari Kementerian Pariwisata. Sumbernya sendiri sama yakni sungai Cisanggiri yang melewati dua gunung batu yang biasa dipanggil Tonjong.

Dengan dibukanya Wisata Air Leuwi Kanjeng Daleum oleh Pemerintah Kabupaten Garut dan akan dijadikan salah satu wisata premium kedepannya tentu menjadi potensi yang sangat luar biasa bagi kemajuan wisata Garut.

Berenang/mandi di Sungai Cisanggiri [Disparbud Garut]


Bahkan Bupati Garut, Rudy Gunawan mengajak kepada warga masyarakat Garut, Jawa Barat dan Indonesia, saat ini kami mempersembahkan satu obyek wisata alam yang sangat bagus dan bisa dinikmati oleh siapapun dengan keamanan yang sangat terjamin, serta ini menjadi satu pengembangan tujuan destinasi wisata kelas premium dengan nama obyek wisata alam Leuwi Kanjeng Daleum," ungkapnya.

Dalam uji coba yang dilakukan Bupati Rudy beserta rombongan beberapa waktu lalu, nampak ia menikmati setiap lekukan kawasan wisata Leuwi Kanjeng Daleum. Sesekali ia sengaja berfoto dengan spot patahan batu alam, bahkan badannya yang dibalut peralatan arum jeram Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Garut, langsung merasakan sensasi dingin berenang/mandi di air jernih sungai Cisanggiri tersebut.

Komentar

Tampilkan

Terkini