Iklan Header

Menpan RB : Pendaftaran CPNS Akan Dibuka April-Mei 2021

Admin One
Editor: Garutselatan.info Rabu, 16 Desember 2020, 04:53 WIB Last Updated 2020-12-15T21:53:17Z
Baca Juga

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) akan mulai membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada bulan April tahun 2021. 



Informasi tersebut disampaikan langsung oleh Menteri PANRB Tjahjo Kumolo. Menurutnya, proses pendaftaran diperkirakan hingga bulan Mei 2021. “Diperkirakan proses pendaftaran sudah dimulai bulan April sampai Mei 2021,” ungkap Tjahjo, Sabtu (12/12/2020) lalu. 


Berdasarkan draf progres usulan formasi ASN dan rencana rekrutmen tahun 2021 yang diterima, awalnya perpanjangan usulan formasi tahun 2021 yang rencananya pada bulan Maret 2021, diperpanjang hingga akhir Mei. Kemudian, diperpanjang lagi hingga akhir Agustus Tahun 2021.


Rencananya, pemerintah akan menerima usulan formasi untuk instansi pusat sebanyak 113.172 pegawai. Sementara untuk daerah, total usulan mencapai 438.170 pegawai. Selain itu, KemenPANRB juga akan membuka penerimaan Pejabat Pembina Kepegawaian (PPPK) khusus jabatan guru yang didasarkan atas kesepakatan beberapa kementerian. 


Beberapa Menteri ini yang dimaksud, yakni Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Menteri PANRB, Menteri Keuangan, Meteri Dalam Negeri dan Badan Kepegawaian Negara (BKN). 


Artikel Menarik :


Proses rekrutmen akan dimulai pada April Tahun 2021 mendatang, dengan total penerimaan satu juta pegawai. Sementara, tahap pelaksanaan rekrutmen akan dilakukan sebanyak 3 kali.  Kata Tjahjo, pihaknya akan terus menunggu usulan dari pemerintah daerah mengenai kebutuhan PPPK formasi guru sampai 31 Desember 2021 mendatang. 


“Pada akhir Agustus 2021 baru 174.077 formasi Guru PPPK yang telah diusulkan oleh pemerintah daerah yakni dari 32 provinsi, 370 kabupaten, 89 kota,” ujarnya. Tjahjo menuturkan, pihaknya akan memulai melakukan verifikasi dan validasi formasi yang diusulkan pada bulan Januari sampai Februari 2021, sehingga di bulan Maret formasi tersebut sudah bisa ditetapkan dan diumumkan kepada publik. 


Lebih lanjut, pihak KemenPANRB akan menyusun dan menetapkan Peraturan Menteri PANRB sebagai dasar hukum terkait pelaksanaan Rekrutmen CPNS baik untuk aparatur sipil negara (ASN) serta jalur PPPK. 


Senada, Sekretaris KemenPANRB Dwi Wahyu Atmaji menyampaikan pihaknya sementara memantangkan formasi yang akan dibuka dalam penerimaan CPNS tahun depan. Ia pun memastikan formasi-formasi yang akan dibuka dalam pendaftaran CPNS Tahun 2021 baru akan diumumkan pada tahun depan. 


Selebihnya, Atmaji menegaskan dalam penerimaan ini, "pemerintah tidak akan membuka rekrutmen tenaga administrasi," pungkasnya.




Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+