Iklan Header

Daftar DUKI, Pelatihan Pembelajaran Kelas Digital Gratis untuk Guru Seluruh Indonesia

Admin One
Editor: Garutselatan.info Selasa, 19 Januari 2021, 09:54 WIB Last Updated 2021-01-19T03:07:22Z
Baca Juga

Kabar gembira bagi para guru, telah dibuka Program DUTA KIPIN (DUKI), pelatihan pembelajaran kelas digital untuk para guru SD di seluruh Indonesia. Pemerintah sudah mencanangkan "Digitalisasi Sekolah" di tahun 2021, dengan membuka kesempatan bagi Bapak/Ibu guru untuk menjadi seorang DUKI atau DUTA KIPIN. 

DUTA KIPIN


DUTA KIPIN (DUKI) merupakan program bagi seluruh guru sekolah di Indonesia yang bertujuan untuk memberikan pelatihan tentang pembelajaran kelas digital dan sekaligus menjadi duta bagi Kipin dan ikut serta membantu sosialisasi Kipin di daerah masing-masing. 


Salah satu latar belakang DUTA KIPIN (DUKI) dibentuk yaitu untuk membentuk ekosistem guru “SADAR DIGITAL” demi kemajuan dan perkembangan pendidikan di Indonesia, serta untuk memastikan adanya pemerataan pendidikan yang lebih cepat.


Setiap Kabupaten/Kota akan dipilih beberapa guru untuk menjadi DUTA KIPIN (DUKI), ada total 1030 guru untuk menjadi DUKI dari seluruh Indonesia.


Program DUTA KIPIN (DUKI) tidak dikenakan biaya sama sekali (gratis), DUKI yang terpilih akan mendapatkan banyak manfaat antara lain : 


  • Voucher belajar Kipin School selama 1 tahun penuh (Full Access);
  • Voucher Kipin School (full) bagi peserta didik yang diajar di sekolah;
  • Mendapat merchandise yang menarik;
  • Mendapat pelatihan dan konsultasi GRATIS sebagai bekal menjadi guru yang siap menghadapi digitalisasi di sekolah;
  • Akan dilibatkan dalam kegiatan-kegiatan menarik lainnya.


KIPIN merupakan singkatan dari Kios Pintar, sebuah alat seperti doraemon. Kalau dari doraemon kantongnya bisa muncul macam-macam, maka dari sebuah Kipin, kamu bisa didapatkan ribuan materi pelajaran yang lengkap dari tingkat PAUD, SD, SMP, SMA & SMK, berupa buku pelajaran sekolah (dari kemendikbud), video pengajaran kelas, latihan soal dan bacaan literasi berupa komik yg menarik dan mendidik.


KIPIN sendiri terdapat 3 macam :


  • KIPIN Classroom, berbentuk alat protable, kecil dan bisa ditenteng;
  • KIPIN ATM, berbentuk mesin seperti sebuah ATM Bank;
  • KIPIN School, sebuah mobile aplikasi yang bisa anda unduh dari Play Store (Android), App Store (IOS) dan Win Store (Windows 10).


1. KIPIN Classroom


KIPIN Classroom merupakan Inovasi Smart IoT (Internet of Things) dikemas dalam hardware dengan desain kecil (portable) dan ringan (hanya 1.2kg), sebuah server pembelajaran berupa software dan data lengkap untuk membantu Digitalisasi Sekolah di Indonesia tanpa membutuhkan jaringan internet, jadi pasti bisa dipakai diseluruh lokasi di Indonesia.


Pendidikan Indonesia akan melesat maju dengan memanfaatkan Kipin Classroom


2. KIPIN ATM


Dalam sebuah Kipin ATM sudah terdapat harddisk yg besar, mampu menampung semua data pelajaran sekolah, dengan teknologi eduSPOT maka kamu bisa mengunduh semua data tersebut ke smartphone, tablet atau laptop yang anda pakai secara gratis tanpa butuh jalur internet..semua serba gratis...tis.


3. KIPIN School


Aplikasi Kipin School isinya juga sama seperti Kipin ATM, namun untuk mengunduh data membutuhkan jalur internet. Dengan teknologi “Download and Go”, maka sekali data sudah terunduh maka data tsb sudah bisa dipakai berkali-kali tanpa butuh jalur internet lagi.. bisa dipakai sepuasnya dimana saja, kapan saja.


KIPIN sangat dibutuhkan oleh dunia pendidikan di Indonesia di zaman digital seperti sekarang ini, kenapa?


Untuk diketahui bahwa menangani dunia pendidikan di Indonesia yang sangat besar & luas adalah sangat sulit dan mahal, sebab jumlah siswa sekolah di Indonesia >50 juta orang, dan tersebar di 17.000 pulau di seluruh indonesia yang areanya sangat luas ini. 


Selama ini yang menjadi sumber pembelajaran di sekolah-sekolah di Indonesia adalah dari buku cetak yang mana sudah kuno, sangat mahal harganya, distribusinya sulit, mahal & susah menyimpannya. Adalah sangat tidak efisien.


Artikel Menarik :


Nah...teknologi dari KIPIN memungkinkan itu semua berubah menjadi lebih baik, sebab KIPIN memungkinkan setiap anak sekolah di Indonesia mendapatkan materi pelajaran yang lengkap, menarik, mudah dan murah bahkan gratis.


Canggih bukan? ini akan menjadikan pemerataan pendidikan bagi anak-anak di seluruh indonesia dan menjadikan generasi mendatang mendapatkan ilmu yang sebanyak-banyaknya agar Indonesia bisa bersaing dengan negara-negara lain.


Berikut Persyaratan Menjadi DUTA KIPIN (DUKI)


  • Masih aktif sebagai guru kelas;
  • Suka bergaul dan berkomunikasi;
  • Memiliki nomor WA & email (Gmail);
  • Mengisi formulir secara lengkap;
  • Sudah download app Kipin School (kipinschool.id) & mencobanya;
  • Siap untuk mengikuti pelatihan pembelajaran kelas digital (bisa dilakukan diluar jam sekolah);
  • Siap membantu sosialisasi Kipin di kotanya masing-masing (tidak mengganggu jam mengajar).


(Angkatan #01 DUKI hanya ditujukan untuk guru SD saja, bagi guru SMP & SMA yang bersemangat untuk mengikuti program ini, mohon menunggu pengumuman dari kami (masih beberapa bulan lagi)


Tugas DUTA KIPIN (DUKI) 


Sebagai implementasi untuk pelatihan pembelajaran digital, DUTA Kipin juga memiliki beberapa tugas antara lain:


1. Mempelajari tentang Kipin ATM & Kipin School (akan dibantu oleh team Kipin)

Menjelaskan kepada rekan guru, kepala sekolah, siswa, orangtua siswa dll tentang manfaat Kipin ATM & Kipin School sebagai sarana digitalisasi sekolah sesuai program dari Kemdikbud.


Menerapkan digitalisasi di kelas dengan memanfaatkan aplikasi Kipin School sebagai penyedia sumber pembelajaran, sebagai sarana latihan soal bagi siswa & memanfaatkan Kipin sebagai bacaan literasi.


Mendokumentasikan kegiatan siswa yang telah memanfaatkan Kipin School, kemudian sharing (sosioalisasi) ke media sosial (Facebook, Instagram, Twitter, WA) masing-masing, media sosial teman-teman, dll serta beberapa tugas yang akan diinfokan oleh Team Kipin.


Biaya DUTA KIPIN (DUKI) 


Untuk menjadi DUKI, tidak dipungut biaya sama-sekali, bahkan Anda akan berkesempatan mendapatkan bermacam fasilitas yang bermanfaat untuk mendukung tugas ini, yaitu diantaranya:


  • Voucher Kipin School (Full Access) selama 1 th (senilai 600rb) untuk DUKI;
  • Voucher Kipin School untuk siswa yang diajar dalam 1 kelas (mak 30 user - senilai 1.5 juta/bulan);
  • Merchandise lain (tablet, pulsa, hadiah, dll) bagi DUKI yang berprestasi.


Cara Daftar DUTA KIPIN (DUKI)


Sebelum mendaftar silakan membaca Questions & Answers tentang DUKI dengan akses https://kipin.id/duki/qa.html


Silakan download Aplikasi Kipin School di Play Store, App Store atau Windows Store dan jangan lupa memberikan review (5 stars).


**Note: catat nama akun Anda di Play Store.


Tim Kipin akan melakukan proses seleksi dan jika Anda terpilih, Tim Kipin akan menghubungi Anda via WhatsApp (WA).


Daftar segera dan mari songsong pendidikan Indonesia yang lebih maju dan menyenangkan bersama Kipin.


Kamu tertarik menjadi seorang DUKI?? Silahkan akses http://duki.kipin.id Isi biodata lengkap kamu melalui http://formulir.kipin.id


Demikian informasi tentang Daftar DUKI, Pelatihan Pembelajaran Kelas Digital Gratis untuk Guru Seluruh Indonesia, semoga bermanfaat dan silahkan bagikan.




Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+