Iklan

[DAPODIK 2021.D] Update Cara Edit NIK, Nama Siswa, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Nama Ibu Kandung Siswa, dan Jenis Kelamin Melalui Website http://vervalpdnew.data.kemdikbud.go.id/

Garut Selatan
Sabtu, 20 Februari 2021, 20:45 WIB Last Updated 2021-02-20T13:45:23Z
Baca Juga

Dapodik 2021.D merupakan aplikasi pendataan sekolah terbaru yang digunakan oleh sekolah saat ini baik PAUD, SD, SMP, maupun SMA/SMK. Aplikasi Dapodik sekolah tersebut biasanya di kerjakan oleh Operator Sekolah masing-masing satuan pendidikan.




Cara Edit NIK, Nama Siswa, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Nama Ibu Kandung Siswa, dan Jenis Kelamin peserta didik PAUD, SD Kelas 1, 2, 3, 4, 5, dan 6 dan SMP Kelas 7, 8, 9 serta SMA/SMK Kelas 10, 11, 12 di Dapodik dapat dilakukan dengan verifikasi dan validasi (verval) data Peserta Didik (PD) pada laman http://vervalpdnew.data.kemdikbud.go.id/


NIK, Nama Peserta Didik PAUD/SD/SMP/SMA/SMK, Tanggal Lahir Siswa, dan Nama Ibu Kandung Siswa di aplikasi Dapodikdasmen terkunci, artinya Operator Sekolah tidak dapat mengubah data tersebut lewat aplikasi dapodik. 


Namun jangan khawatir, karena untuk mengedit Nama Peserta Didik, Tanggal Lahir Siswa, dan Nama Ibu Kandung Siswa di dapodik dapat diedit melalui web VerVal Peserta Didik. Adapun untuk Kewarganegaraan, No Kartu Keluarga dan No Registrasi Akta Lahir siswa bisa diedit lewat aplikasi Dapodik 2021.d.


Cara Edit NIK, Nama Siswa, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Nama Ibu Kandung Siswa, dan Jenis Kelamin melalui laman Verval PD.


Sebelum melakukan perubahan di laman Verval PD ada baiknya persiapkan scan Akta Kelahiran peserta didik yang akan diubah tersebut dengan format JPG/JPEG/PNG dengan ukuran maksimal 1 MB, untuk selanjutnya ikuti langkah-langkah yang akan GSI uraikan sebagai berikut :


Baca Juga : Materi PAI Kelas 12 Edisi Revisi 2018 TP 2020/2021


1. Kunjungi laman http://vervalpdnew.data.kemdikbud.go.id/ Silahkan Log In menggunakan Ussername dan Password sekolah Bapak/Ibu.




2. Pilih Menu Edit Identitas.




3. Cari Nama Siswa yang akan dilakukan perubahan identitasnya.




4. Edit NIK, Nama Siswa, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Nama Ibu Kandung Siswa, dan Jenis Kelamin.





Catatan Cara Edit NIK, Nama Siswa, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Nama Ibu Kandung Siswa, dan Jenis Kelamin.


  1. Jika NIK siswa masih salah, silakan ganti/isi NIK siswa yang benar sesuai yang tertera pada akta kelahiran/Kartu Keluarga pada kolom NIK baru. Jika NIK lama sudah benar, biarkan saja.
  2. Jika nama lama siswa masih salah, silakan isi nama siswa yang benar sesuai akta kelahiran pada kolom nama baru. Jika nama lama sudah benar, biarkan saja.
  3. Jika tempat lahir lama belum benar, silakan edit tempat lahir baru yang benar.
  4. Jika tanggal lahir lama masih salah, silakan isi tanggal lahir sesuai dengan akta kelahiran pada kolom tanggal lahir baru. Jika tanggal lahir sudah benar, biarkan saja.
  5. Jika data Nama Ibu kandung Siswa masih salah,  silakan edit Nama Ibu Kandung Baru dengan nama Ibu kandung sesuai pada akta kelahiran siswa. Jika data sudah benar, biarkan saja.
  6. Ubah /klik item jenis kelamin jika pada jenis kelamin lama masih salah.


Baca Juga : SAH! Menteri Nadiem Pinta Seluruh Pemda Segera Buka Sekolah Tatap Muka


Setelah proses Edit data sudah selesai seluruhnya, silakan klik tombol menu "VALIDASI DATA"


5. Upload Dokumen Pendukung: Scan Akta Kelahiran/KK dengan klik browser, cari file scan Akta Kelahiran siswa dan open, lanjut klik "Update Data".





6. Data Berhasil Diajukan, Silahkan Tunggu Persetujuan Dinas.




7. Setelah proses pengajuan perubahan NIK, Nama Siswa, Tanggal Lahir, Tempat Lahir, Jenis Kelamin, dan Nama Ibu Kandung di Dapodikdasmen Lewat Verval PD New sudah selesai, maka untuk memastikan sudah disetujui oleh Operator Dinas Kab/Kota  atau belum, silakan cek status pengajuan secara berkala.




8. Untuk mengecek status pengajuan perubahan data (jumlah pengajuan, disetujui, ditolak), Anda dapat melakukannya dengan cara login di Verval PD New, lihat pada halaman beranda sebelah kanan atas.




Baca Juga : Sistem Pendidikan Untuk Membangun Kompetensi Utama


9. Jika Bapak/Ibu sudah selesai dalam mengajukan perubahan data siswa, sebaiknya Bapak/Ibu segera menghubungi Operator Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, agar pengajuan perubahan yang Anda ajukan bisa disetujui dengan cepat.


Contoh Pengajuan Perubahan Data telah Disetujui


10. Jika perubahan data telah disetujui, sebaiknya Anda lakukan sinkronisasi dapodik agar data terbaru di verval PD bisa segera masuk ke aplikasi dapodik.


Demikian informasi tentang [DAPODIK 2021.D] Update Cara Edit NIK, Nama Siswa, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, Nama Ibu Kandung Siswa, dan Jenis Kelamin Melalui Website http://vervalpdnew.data.kemdikbud.go.id/, semoga bermanfaat dan silahkan bagikan.


Komentar

Tampilkan

Terkini

Wisata Jabar

+