Iklan Header

Persiapan dan Latihan Seleksi Guru PPPK

Admin One
Editor: Garutselatan.info Rabu, 03 Februari 2021, 11:56 WIB Last Updated 2021-02-03T04:56:46Z
Baca Juga

Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja yang selanjutnya disingkat PPPK adalah warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu dalam rangka melaksanakan tugas pemerintahan.



Kompetensi Teknis adalah pengetahuan, Keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur dan dikembangkan yang spesifik berkaitan dengan bidang teknis jabatan.


Kompetensi Manajerial adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur, dikembangkan untuk memimpin dan/atau mengelola unit organisasi.



Kompetensi Sosial Kultural adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur, dan dikembangkan terkait dengan pengalaman berinteraksi dengan masyarakat majemuk dalam hal agama, suku dan budaya, perilaku, wawasan kebangsaan, etika, nilai-nilai, moral, emosi dan prinsip, yang harus dipenuhi oleh setiap pemegang jabatan untuk memperoleh hasil kerja sesuai dengan peran, fungsi dan jabatan.


"Dikutip dari PERMENPANRB No 38 Tahun 2017".



Kompetensi Manajerial : (1). Integritas; (2). Kerjasama; (3). Komunikasi; (4). Orientasi pada Hasil; (5). Pelayanan Publik; (6). Pengembangan Diri dan Orang Lain; (7). Mengelola Perubahan; (8). Pengambilan Keputusan.


TES SKOLASTIK


1. Susi selalu libur di hari Senin ia menggantikan jadwal rekan kerjanya di hari Minggu. Santi adalah rekan kerja Susi yang minta digantikan jadwalnya di hari Minggu ini.


a. Susi lembur di hari Senin

b. Susi tidak libur sama sekali minggu depan

c. Susi libur di hari Senin minggu depan

d. Santi tidak libur sama sekali

e. Susi dan Santi tidak libur sama sekali


2. Semua anggota asosiasi profesi harus hadir dalam rapat


a. Semua yang hadir bukan dokter

b. Semua dokter hadir dalam rapat

c. Sementara peserta rapat adalah dokter

d. Semua yang hadir dalam rapat adalah dokter

e. Sementara peserta rapat bukan anggota asosiasi profesi.


3. Elang adalah burung. Elang terbang ke selatan Beberapa burung terbang ke selatan


a. Semua burung adalah Elang

b. Tidak setiap Elang yang terbang ke selatan adalah burung

c. Burung bukan Elang

d. Tidak semua burung Elang terbang ke selatan

e. Tidak semua burung terbang ke selatan


4. Ada lima orang bersahabat : Yuan, Dian, Nadia, Nisa, dan Yuni. Yang paling muda di antara mereka Yuni. Yuan tidak lebih tua dibandingkan Dian dan Nadia. Hanya Yuan lebih muda dari Nisa. Nadia lebih tua dibandingkan Dian. Urutan usia kelima orang sahabat tersebut dari yang paling tua ke yang paling muda adalah:


a. Nadia, Dian, Nisa, Yuan, Yuni

b. Yuan, Nadia, Nisa, Dian, Yuni

c. Yuni, Nisa, Yuan, Nadia, Dian

d. Yuni, Yuan, Nisa, Dian, Nadia

e. Nadia, Dian, Yuan, Nisa, Yuni


Artikel Menarik :



5. Dalam pemilihan ketua kelas VI, perolehan suara Ahmad tidak kurang dari Conie dan tidak lebih dari Eka. Perolehan suara Beta sama dengan Ahmad dan tidak lebih dari Eka. Perolehan suara Dody tidak lebih dari Beta dan kurang dari Conie. Siapakah yang terpilih sebagai ketua kelas?


a. Ahmad

b. Conie

c. Eka

d. Dody

e. Beta


TES TEKNIS BIDANG/PEDAGOGIK


1. Dalam setiap pembelajaran, Pak Candra selalu mengadakan penilaian untuk melihat daya serap siswa terhadap materi yang telah diberikan, merupakan prinsip pembelajaran ...


a. Sistematis

b. Beracu kriteria

c. Terpadu

d. Objektif

e. Akuntabel


2. Bu Linda adalah seorang guru seni, hari ini dia ingin menilai kemampuan siswa dalam membuat lukisan, selain hasil lukisan siswa yang dinilai, Teknik dalam menggambar, cara menggunakan alat dan perlengkapan dan juga sikap siswa dalam mengahargai karya temannya juga menjadi acuan dalam penilaian. Dalam hal ini bu Linda telah menerapkan prinsip ...


a. Sahih

b. Objektif

c. Menyeluruh

d. Sistematis

e. Beracuan kriteria


3. Disediakan dua magnet dan paku, siswa melakukan percobaan tarik menarik magnet. Komponen tujuan pembelajaran yang kurang adalah ...


a. Condition

b. Behavior dan degree

c. Condition dan degree

d. Audience

e. Degree


4. Dalam mengawali Pelajarannya, Pak Ali merumuskan pertanyaan, mengumpulkan data (informasi) dengan berbagai Teknik, mengasosisasi/ menganalisis/ mengolah data (informasi) dan menarik kesimpulan serta mengkomunikasian hasil yang terdiri dari kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap. Langkah yang dilakukan Pak Ali itu merupakan bagian dari model pembelajaran ...


a. Portofolio

b. Saintifik

c. Penemuan

d. Autentik

e. kontekstual


5. Dalam mengawali Pelajarannya, Pak Maman Nendar menyampaikan suatu permasalahan guna menggugah dan menimbulkan kepenasaran-kepenasaran para siswanya. Lengkah tersebut bertujuan untukmendorong para siswa agar mau mengembangkan kreativitasnya. Langkah yang dilakukan Pak Maman Nendar itu merupakan bagian dari model pembelajaran ...


a. Portofolio

b. Saintifik

c. Discovery Learning

d. Autentik

e. Contekstual Teaching dan Learning


6. Berdasarkan hasil tes, para siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelas sesuai dengan tingkat IQ nya, dilihat dari fungsinya maka tes tersebut termasuk pada jenis tes ...


a. Seleksi

b. Penempatan

c. Pre Tes-post test

d. Diagnostik

e. Ujian Akhir


[UNDUH] JAWABAN



Demikian informasi tentang Persiapan dan Latihan Seleksi Guru PPPK, semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.



Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+