Iklan Header

Doa Buka Puasa Ramadhan 1442 H Lengkap dengan Artinya

Admin
Editor: Garutselatan.info Jumat, 16 April 2021, 19:14 WIB Last Updated 2021-04-16T12:14:41Z
Baca Juga

Doa Buka Puasa Ramadhan 1442 H Lengkap Arab dan Artinya - Selamat malam sobat pembaca GSN dimanapun berada, pada kesempatan kali ini GSN akan memberikan sedikit informasi mengenai doa buka puasa ramadhan yang biasa dibaca oleh setiap orang muslim ketika hendak berbuka puasa.

Doa Buka Puasa Ramadhan 1442 H


Sebelum makan dan minum, Alloh menganjurkan umatnya untuk berdo’a. termasuk saat buka puasa, jangan lupa baca do’a buka puasa sebelum membatalkan puasamu.


Ada berbagai versi do’a buka puasa yang dapat dibaca sebelum dan sesudah berbuka puasa. Membaca do’a berbuka puasa bukan tanpa maksud.


Baca Juga: Niat dan Tata Cara Mandi Keramas Sebelum Puasa Ramadhan


Makna dari do’a berbuka puasa itu adalah mengajak semua umat muslim untuk bersyukur atas nikmat dan limpahan rezeki, yang diberikan Alloh SWT. Dengan membaca do’a umat muslim pun jadi tak lupa selalu mengucap syukur 


Berikut dibawah ini do’a berbuka puasa dan artinya yang dapat dibaca sebelum membatalkan puasa singkatnya yang dapat di baca setelah mendengar adzan maghrib berkumandang


اللهم لك صمت وبك امنت وعلى رزقك افطرت


“Allohumma laka shumtu wa bika amantu wa’ala rizqika afthartu”


Artinya : Ya Alloh untukmu aku berpuasa, dan kepadamu aku beriman dan dengan rezekimu aku berbuka.


Disisi lain Mulla Ali Al Qori mengatakan, “tambahan wa bika aamantu adalah tambahan yang tidak diketahui sanadnya, walaupun makna do’a tersebut shahih atau sesuai Sunnah Rasulullah”.


اللهم لك صمت وبك امنت وعلى رزقك افطرت برحمتك يا ارحم احمين


“Allohumma laka shumtu wa bika amantu wa’ala rizqika afthartu birrahmatika ya arhamar roohimiin”.


Artinya : Ya Alloh untukmu aku berpuasa, dan kepadamu aku beriman dan dengan rezekimu aku berbuka. Dengan rahmat Mu wahai yang maha pengasih dan penyayang.


Selain berdo’a ketika berbuka puasa itu adalah salah satu bentuk ucapan syukur kita kepada alloh. Berdo’a juga merupakan salah satu Sunnah dalam puasa Ramadhan. Sunnah itu adalah segala sesuatu yang jika dikerjakan akan mendapatkan pahala namun jika di tinggalkan tidak berdosa. 


Banyak Sunnah puasa Ramadhan yang bisa anda lakukan sehingga mendapatkan pahala berlipat dari Alloh SWT diantaranya sebagai berikut.


1. Makan Sahur


Makan sahur dilakukan sebelum anda mulai berpuasa ketika terbitnya fajar. Melakukan makan sahur merupakan hal yang di sunahkan.


2. Mengakhirkan makan sahur


Mengakhirkan makan sahur adalah makan sahur yang disengaja berdekatan dengan waktu mulai puasa atau terbit fajar. Berhentilah makan setelah sudah masuk puasa atau terbit fajar yang di tandai dengan berkumandangnya adzan subuh.


3. Membaca do’a buka puasa yang baik dan benar


Niat puasa Ramadhan merupakan hal wajib yang harus dilakukan sebelum mulai berpuasa. Sedangkan membaca do’a buka puasa yang baik dan benar merupakan Sunnah.


4. Menyegerakan berbuka puasa


Alloh SWT memberikan berbagai kemudahan untuk umatnya. Jika sahur yang berdekatan dengan waktu puasa mendapat pahala maka sama halnya dengan berbuka yang disegerakan juga akan mendapat pahala.


5. Berbuka dengan yang manis


Berbuka puasa dengan yang manis sebelum melaksanakan shalat maghrib juga merupakan Sunnah. Salah satu yang bisa menjadi pilihan adalah kurma.


Baca Juga: Kata-Kata Mutiara Terbaik Uacapan Selamat Hari Raya Idul Fitri


Itulah bacaan ketika berbuka puasa dan sedikit penjelasan mengenai Sunnah ketika berpuasa di bulan Ramadhan. Semoga bermanfaat.


Pencarian yang banyak dicari:

  • doa buka puasa ramadhan sesuai sunnah, bacaan doa buka puasa ramadhan, doa buka puasa sesuai sunnah, doa berbuka puasa arab dan artinya, doa berbuka puasa ramadhan beserta artinya, doa buka puasa yang sah, doa buka puasa ramadhan yang shahih, doa buka puasa dan artinya, doa buka puasa ramadhan ramai, doa buka puasa ramadhan dan artinya, doa buka puasa ramadhan sesuai sunnah, doa buka puasa ramadhan yang benar, doa buka puasa ramadhan latin, doa buka puasa ramadhan yang shahih, doa buka puasa ramadhan dzahaba dzoma'u, doa buka puasa ramadhan sebulan, doa buka puasa ramadhan menurut sunnah, niat doa buka puasa ramadhan, bacaan doa buka puasa ramadhan, arti doa buka puasa ramadhan, baca doa buka puasa ramadhan, tulisan arab doa buka puasa ramadhan, niat puasa dan doa buka puasa ramadhan, gambar doa buka puasa ramadhan, lafadz doa buka puasa ramadhan



Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+