Iklan Header

Modul Pembelajaran Sejarah Indonesia Kelas 10 SMA-MA

Admin One
Minggu, 04 April 2021, 20:35 WIB Last Updated 2021-04-04T13:35:08Z
Iklan
Baca Juga
Modul Pembelajaran Sejarah Indonesia Kelas 10 SMA-MA - Saat mempelajari sejarah mungkin kalian kerap merasa pelajaran sejarah sebagai ilmu hafalan. Ilmu yang hanya menghafal nama, tanggal sebuah peristiwa, bahkan sejarah sering dianggap sebuah persoalan di masa lalu yang tidak penting untuk dikaji. 

Sejarah Indonesia SMA


Akan tetapi jika kalian cermati, sejarah merupakan ilmu yang kaya akan pengetahuan, sejarah bukan hanya terbatas pada pengetahuan di masa lalu, yang bisa di genggam dengan mudah di tangan kita atau tersusun rapi dalam lemari perpustakaan. 

Tetapi pengetahuan dalam sejarah itu tersimpan dalam sebuah tembok yang hanya bisa ditembus oleh interpretasi yang tajam terhadap teks–teks sejarah. Kita semua dapat berperan sebagai seorang sejarawan dengan menerapkan berfikir sejarah dalam menggali sebuah kebenaran dari sebuah rentetan peristiwa sejarah yang terkadang masih bersifat kabur.

Memanfaatkan sejarah sebagai sarana berpikir, membayangkan masa lalu dengan dengan ilustrasi peristiwa, sumber lisan dan dokumen visual. Berpikir sejarah dapat dilakukan secara diakronik dan sinkronik. 

Berpikir sejarah atau historical thinking dilakukan dalam proses rekonstruksi peristiwa sejarah secara obyektif. Pengungkapan peristiwa sejarah tidak akan lepas dari ruang dan waktu. Dengan kemampuan menganalisa diharapkan dapat mendorong individu dalam berpikir sejarah secara diakronik dan sinkronik.

Seluruh kemampuan berpikir ini, tidak hanya sangat diperlukan untuk memahami suatu peristiwa sejarah, tetapi juga dapat digunakan untuk memahami peristiwa pada masa kini maupun yang akan datang. Proses berpikir sejarah dapat coba kita lakukan melalui sebuah peristiwa sejarah seperti Detik-detik Proklamasi.

Selain penjelasan mengenai materi, modul ini juga dilengkapi dengan latihan untuk menguji pemahaman dan penguasaan Anda terhadap materi yang telah dipelajari.

Modul Pembelajaran tersebut telah disusun berdasarkan jenjang kelas serta Kompetensi Dasar dan Tujuan Pembelajaran yang mesti diajarkan. Sebagaimana kita ketahui di saat pandemi seperti sekarang ini, modul dapat menggantikan sebagian fungsi guru, namun guru juga harus berada dalam pembelajaran supaya proses pembelajaran lebih terarah.

Modul biasanya sangat detail mengenai pembelajaran mulai dari tujuan, perencanaan, materi pembelajaran hingga evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran. Peserta didik sendiri akan menerapkan seluruh kegiatan maupun panduan yang harus dilakukan pada pembelajaran yang menggunakan modul.

Modul itu memiliki empat fungsi diantaranya sebagai Bahan Ajar Mandiri, Pengganti sebagian Fungsi Pendidik, sebagai Alat Evaluasi dan sebagai Bahan Rujukan.

Modul Pembelajaran Sejarah Indonesia Kelas 10 SMA-MA




  • Modul KD 3.1 : Konsep Berpikir Sinkronik dan Diakronik dalam Sejarah
  • Modul KD 3.2 : Perubahan dan Keberlanjutan dalam Sejarah Indonesia
  • Modul KD 3.3 : Kehidupan Manusia Purba dan Asal Usul Nenek Moyang
  • Modul KD 3.5 : Proses Masuk dan Berkembangnya Agama dan Kebudayaan Hindu 
  • Modul KD 3.6 : Perkembangan Kehidupan Masyarakat Pemerintah dan Budaya pada Masa Kerajaan-Kerajaan Hindu Budha di Indonesia
  • Modul KD 3.7 : Teori tentang Proses Masuknya Agama dan Kebudayaan Islam ke Indonesia
  • Modul KD 3.8 : Perkembangan Kehidupan Masyarakat pada Masa Kerajaan Islam


Demikian informasi tentang Modul Pembelajaran Sejarah Indonesia Kelas 10 SMA-MA, semoga bermanfaat dan silahkan bagikan.



Baca Artikel Menarik lainnya di Google News GARUTSELATAN.INFO
Komentar

Tampilkan

Terkini


Teknologi

+