Iklan Header

Modul Pembelajaran Sejarah Indonesia Kelas 11 SMA-MA

Admin One
Editor: Garutselatan.info Minggu, 04 April 2021, 20:54 WIB Last Updated 2021-04-04T13:59:05Z
Baca Juga
Modul Pembelajaran Sejarah Indonesia Kelas 11 SMA-MA - Pernahkah kalian mendengarkan kritik bahwa Indonesia baru merdeka secara politik, tetapi di bidang yang lain Indonesia masih terjajah?. Hal ini mungkin saja benar adanya, contohnya kita belum sepenuhnya merdeka secara ekonomi karena Indonesia masih bergantung kepada negara lain.
 
Sejarah Indonesia SMA


Hutang Indonesia kepada asing dari tahun ke tahun bertambah, produk dalam negeri Indonesia masih kalah bersaing bahkan di negeri sendiri. Lihat saja barang kebutuhan sehari-hari yang kalian beli mayoritas buatan perusahaan asing.

Anak-anak muda lebih suka budaya asing seperti K-Pop dari korea atau budaya eropa dibandingkan dengan budaya Indonesia. Kita lebih bangga makan pizza, humburger, sushi, dari pada makan singkong dan tempe. Apa sebenarnya yang menjadi penyebab semua itu?. 

Apakah ada hubungan sejarah masa lalu dengan masa sekarang?. Apakah perilaku atau mentalitas kita yang inferior dan tidak nasionalis seperti itu merupakan keberlanjutan dari masa lalu bangsa kita yang pernah menjadi bangsa yang terjajah?. 

Menarik untuk kita pelajari bersama-sama dalam modul ini. Dalam Modul ini kita akan mempelajari proses masuknya bangsa-bangsa asing (eropa) ke Indonesia. Bagaiamana mereka menjajah bangsa kita dan bagaiamana kalian dapat mengambil pelajaran dan hikmah dari peristiwa kelam yang terjadi pada masa lalu tersebut.

Modul Pembelajaran tersebut telah disusun berdasarkan jenjang kelas serta Kompetensi Dasar dan Tujuan Pembelajaran yang mesti diajarkan. Sebagaimana kita ketahui di saat pandemi seperti sekarang ini, modul dapat menggantikan sebagian fungsi guru, namun guru juga harus berada dalam pembelajaran supaya proses pembelajaran lebih terarah.

Modul biasanya sangat detail mengenai pembelajaran mulai dari tujuan, perencanaan, materi pembelajaran hingga evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran. Peserta didik sendiri akan menerapkan seluruh kegiatan maupun panduan yang harus dilakukan pada pembelajaran yang menggunakan modul.

Modul itu memiliki empat fungsi diantaranya sebagai Bahan Ajar Mandiri, Pengganti sebagian Fungsi Pendidik, sebagai Alat Evaluasi dan sebagai Bahan Rujukan.

Modul Pembelajaran Sejarah Indonesia Kelas 11 SMA-MA




  • Modul KD 3.2 : Perlawanan Bangsa Indonesia Terhadap Bangsa Barat
  • Modul KD 3.3 : Dampak Politik, Budaya, Sosial, Ekonomi dan Pendidikan pada Masa Penjajahan Bangsa Eropa
  • Modul KD 3.6 : Peran Tokoh-Tokoh Nasional dan Daerah dalam Memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia 
  • Modul KD 3.7 : Proklamasi Kemerdekaan dan Maknanya bagi Bangsa Indonesia
  • Modul KD 3.9 : Peran Serta Nilai-Nilai Perjuangan Proklamator Bung Karno dan Bung Hatta di Sekitar Proklamasi 
  • Modul KD 3.10 : Strategi Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia  

Demikian informasi tentang Modul Pembelajaran Sejarah Indonesia Kelas 11 SMA-MA, semoga bermanfaat dan silahkan bagikan.



Baca Artikel Garutselatan.info Lainnya di Google News

Komentar

Tampilkan

Terkini

Game

+